Kerjasama Ciputra - PTPN-2, Anggota DPRD Deliserdang Syoufi Rizal: Kota Deli Megapolitan Positif untuk Masyarakat

DELISERDANG, suarapembaharuan.com - Anggota DPRD Kabupaten Deliserdang yang juga Tokoh Masyarakat Helvetia, dr H Syoufi Rizal Husni Mars, menilai kerjasama PTPN-2 dengan Ciputra untuk mengoptimalisasi aset yang sudah tidak mungkin dikembangkan sebagai areal perkebunan, akan membawa dampak sangat positif bagi Kabupaten Deli Serdang.


dr H Syoufi Rizal Husni Mars 

Kerjasama ini juga membawa nilai positi bagi masyarakat yang berada di wilayah yang akan dibangun, seperti Helvetia, Sampali, Saentis, Bandar Khalifa, Batang Kuis dan Tanjung Morawa sekitarnya. 


Pembangunan berbagai sarana Permukiman Modern, Bisnis, dan Industri ini tidak hanya akan membuka lapangan kerja baru tapi akan membuka peluang usaha yang akan mendorong peningkatan perekonomian masyarakat sekitar. 


"Berbagai bidang usaha masyarakat akan ikut tumbuh sejalan meningkatnya kebutuhan dengan terbangunnya berbagi sarana bisnis dan permukiman, sehingga kesejahteraan Masyarakat sekitar akan semakin meningkat.


Dampak positif lainnya bagi Kabupaten Deli Serdang adalah akan meningkatnya secara Signifikan Pendapatan Asli Daerah atau  PAD kabupaten Deli Serdang. Jadi akan menguntungkan semua pihak," ujar Syoufi saat ditemui di kediamannya di Helvetia Sabtu kemarin.


Clear dan clean

Sejalan dengan sikap DPRD Deli Serdang, Syoufi yang saat ini duduk di Komisi I dari fraksi Partai Demokrat ini meminta persoalan-persoalan dengan masyarakat/penggarap yang masih ada di atas lahan HGU harus diselesaikan sesuai dengan ketentuan dan dengan cara-cara humanis sehingga tidak sampai menimbulkan kerawanan keamanan.   


"DPRD Kabupaten Deli Serdang sudah membuat rekomendasi agar kerjasama ini tidak menimbulkan ekses negatif. Sebagai wakil rakyat, saya juga mendesak agar persoalan-persoalan di lapangan diselesaikan dengan persuasif, kekeluargaan sehingga proyek besar ini bisa berjalan dengan sebaik-baiknya," tambahnya.


Syoufi membenarkan, proyek kerjasama Deli Mega City yang kemudian berubah menjadi Kota Deli Megapolitan atau KDM sudah digagas sejak tahun 2011 dan diputuskan tahun 2012 masuk dalam RUTRW Mebidangro (Medan Binjai Deli Serdang dan Tanah Karo). Jadi benar-benar sudah melalui proses yang panjang dan matang 


"Kita berharap persoalan di lapangan bisa diselesaikan secara baik, termasuk terhadap para pensiunan karyawan PTPN-2. Sehingga tidak ada kesan kerjasama ini sebagai proyek yang dipaksakan," katanya.


Kita juga berharap para pensiunan karyawan yang harus keluar dari rumah dinas di atas lahan Hak Guna Usaha, tidak mudah dipengaruhi ataupun di provokasi pihak lain untuk melakukan tindakan perlawanan. Utamakan jalan musyawarah sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik," ujarnya.


Sebagai bagian dari pemerintahan Kabupaten Deli Serdang, DPRD menurutnya tentu akan menyambut positif upaya-upaya ke arah percepatan pembangunan daerah yang dampaknya tentu akan membawa nilai positif bagi daerah Kabupaten Deli Serdang. 


"Karena itu DPRD akan terus mengawal proses pembangunan kerjasama ini sehingga bisa berjalan sesuai dengan rencana dan tidak menimbulkan ekses negatif yang tidak kita harapkan" tegas dr Syoufi Rizal Husni Mars.


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama