Raker Kepala Sekolah se-Dairi Wujudkan Dairi Unggul

DAIRI, suarapembaharuan.com-Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Pendidikan menggelar rapat kerja dengan Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri maupun Swasta se-Kabupaten Dairi, Selasa (11/1/2022) di Gedung Olahraga Sidikalang.


Istimewa


Bupati Dairi Eddy Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan Dairi Cerdas yang telah tertuang dalam RPJMD yang menjadi salah satu misi untuk mewujudkan Dairi Unggul harus benar benar dilaksanakan.

Cerdas salah satunya menurut Bupati adalah mampu menggunakan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari hari dan berarti bagi orang disekitarnya.


"Dunia mengalami perubahan yang sangat cepat, seperti datangnya pandemi covid-19. Tanpa kecerdasan kita tidak bisa bertahan, jadi kita harus cerdas agar anak anak didik kita juga cerdas," ucap Bupati.


Berkaitan dengan kecerdasan tersebut, Bupati Dairi menyampaikan bahwa Mahasiswa dari Jakarta International University (JIU) datang ke Kabupaten Dairi untuk menyampaikan kecerdasannya kepada anak-anak Dairi melalui kegiatan pengabdian sehingga kecerdasan anak anak itu dapat muncul. 


Kepada para kepala sekolah, Eddy mengatakan doktrinasi satu arah dalam memberikan pendidikan telah berakhir. 


“Biarkan anak-anak bertanya sehingga kreatifitas dan kecerdasan itu muncul dengan sendirinya,” ujar Bupati.


Eddy menekankan sekolah sebagai wadah untuk menggali ilmu bagi anak-anak dan sekolah harus asri serta menyenangkan. Data pokok pendidikan (dapodik) wajib di upload sesuai kondisinya dan update karena akan digunakan untuk mengambil kebijakan arah anggaran yang telah disediakan.


"Oleh karena itu sarana dan prasarana harus diperhatikan. Sekolah harus menyenangkan dan lengkap untuk tumbuh dan melahirkan anak yang unggul. Kepala sekolah harus mengetahui Dapodik," tegas Eddy.

Penekanan selanjutnya disampaikan Bupati adalah terkait dana BOS agar mengikuti sepenuhnya petunjuk penggunaannya dan jangan disalahgunakan. Sekolah wajib berkoordinasi dengan komite sekolah agar penggunaannya dapat dilakukan secara transparan.


Raker diwarnai dengan pemberian apresiasi kepada 18 sekolah yang telah lolos program sekolah penggerak dari Kemendikbudristek, terdiri dari SD sebanyak 14 sekolah, SMP 3 sekolah dan 1 Paud.


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi mengatakan siap mendukung misi ke 2 dalam RPJMD Kabupaten Dairi yakni peningkatan sumber daya manusia yang berdaya saing. Oleh karena itu, Kepala Dinas berharap peran dari para kepala sekolah untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul sangat diperlukan dengan melakukan berbagai terobosan dalam memberikan pendidikan.


Rapat bersama Kepala Sekolah dibuka oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang di dampingi oleh Pj. Sekretaris Daerah Budianta Pinem dan Kepala Dinas Pendidikan Fatimah Boang Manalu, Kasat Narkoba Polres Dairi AKP. Rudi H.U.J Sitorus, SH, Kasi Datun Kejari Dairi Azmi Novendri, SH.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama