Transisi Layanan dan Faskes Primaya Hospital PGI Cikini ke Modernisasi

JAKARTA, suarapembaharuan.com – Rumah Sakit PGI Cikini yang sudah berusia 124 tahun, akhirnya melakukan transisi ke modernisasi. Hal itu ditandai dengan peresmian nama baru yakni Primaya Hospital PGI Cikini.


Keterangan foto: Peresmian nama baru Primaya Hospital PGI Cikini (Ist)

Hal ini menjadi salah satu simbol dari kerjasama antara Primaya Hospital Group dengan Yayasan Kesehatan Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (Yakes PGI). Kerjasama ini merupakan bagian dari komitmen dan transformasi yang dilakukan kedua belah pihak.


RS PGI Cikini telah menjadi rumah sakit rujukan dan pilihan masyarakat terutama karena kecakapan tenaga medis yang dimiliki dan berbagai fasilitas kesehatan khusus. Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan dan memodernisasi RS PGI Cikini, baik dalam bentuk fisik bangunan maupun dalam bentuk pelayanan termutakhir, Majelis Pekerja Harian (MPH) PGI memutuskan untuk menjalin kerja sama bersama Primaya Hospital Group. 


Ketua Umum Yakes PGI Cikini, dr Alexander Ginting mengatakan pemilihan mitra kerja sama yang dilakukan MPH PGI berlangsung melalui proses penjaringan yang panjang dan berhati-hati. Bentuk kerjasama diwujudkan dengan pola BOT (build operate transfer) selama 30 tahun. 


“Yakes PGI Cikini dan Primaya Hospital Group memiliki kesamaan visi dan misi untuk transisi dari zona lama ke zona baru serta memberikan pelayanan kesehatan secara profesional dengan penuh kepedulian dan sentuhan kasih kepada pasien. Itu alasan utama Primaya Hospital dipilih untuk memodernisasi RS PGI Cikini,” kata dr. Alexander Ginting, dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (12/1/2022).


Kolaborasi yang mengubah nama RS PGI Cikini menjadi Primaya Hospital PGI Cikini ini memberikan layanan yang PRIMA (profesional, rapi, ibadah, mendengarkan, asertif) dan modern didukung oleh dokter dan tim yang berpengalaman di bidangnya serta layanan, fasilitas, dan teknologi yang komprehensif. 


“Primaya Hospital Group berterima kasih dan bangga telah mendapat kepercayaan dari PGI dan Yayasan Kesehatan PGI. Kami berkomitmen untuk memajukan Primaya Hospital PGI Cikini dan menjadi rumah sakit kebanggaan Indonesia yang mengutamakan pelayanan kepada pasien,” ungkap CEO Primaya Hospital Group, Leona A Karnali.


Layanan berstandar internasional tersebut mengutamakan keamanan pasien dengan Standar Prosedur Operasional dari Primaya Hospital Group yang telah terakreditasi joint commission international (JCI). Diterapkan juga hospital information system dengan electronic medical record, e-prescription, serta sistem radiologi (PACS) dan laboratorium (LIS). 


Layanan unggulan yang sudah ada akan ditingkatkan dan yang belum akan ditambahkan. Layanan unggulan Primaya Hospital PGI Cikini berfokus pada jantung, otak dan saraf, pembuluh darah, kanker, orthopedi & trauma, urologi, serta ginjal & hipertensi dilengkapi dengan SDM yang berkompeten dan teknologi yang mumpuni. 


Selama enam bulan kerjasama yang telah berlangsung, dilakukan perbaikan atas berbagai peralatan prioritas seperti angiografi dan mamografi. Akses gedung juga diperbaiki untuk kemudahan pasien. Demikian juga dengan penataan ulang poliklinik yang lebih terintegrasi per spesialisasi. 


Peningkatan standar mutu yang mengutamakan patient safety dan telah lulus akreditasi KARS paripurna. Dalam kerjasama ini, Primaya Hospital PGI Cikini akan melakukan pembangunan gedung rumah sakit baru di wilayah rumah sakit yang diperkirakan akan selesai dalam waktu 5 tahun kedepan. 


 “Melalui kerja sama ini, seluruh layanan yang diberikan di Primaya Hospital PGI Cikini menjadi prima dan modern yang didukung oleh layanan dan teknologi komprehensif disertai dokter dan tim medis yang berpengalaman di bidangnya,” pungkas Leona Karnali. 


Kategori : News

Editor     : AHS



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama