Bupati dan Kadis Pertanian Dairi Cek Kios Pupuk di Tanah Pinem

DAIRI, suarapembaharuan.com Bupati Dairi Eddy Keleng Berutu berdialog langsung dengan pengecer pupuk di Desa Tanah Pinem, Kecamatan Tanah Pinem, Kamis (10/2/ 2022). 




Salahsatunya adalah Rahmat Pinem pemilik usaha dagang yang menjual pupuk.


“Saya turun ke sini mendengar langsung dari kios pengecer pupuk apa benar ada kelangkaan pupuk subsidi. Saya ingin dengar langsung,” kata Bupati Dairi Eddy Berutu mengawali pembicaraan bersama Kepala Dinas Pertanian Robot Simanullang bersama pemilik kios.


Keluhan tersebut kata Bupati harus dicari solusi agar petani jangan terkendala pada saat musim tanam dimulai. 

Eddy Berutu mengatakan untuk menjawab solusi Kepala Dinas Pertanian Robot Simanullang hadir langsung menemui pemilik kios pengecer pupuk.


“Pak Rahmat saya turun ke sini langsung bersama kadis pertanian. Boleh diceritakan apa yang menyebabkan sering sekali pupuk langka,” kata Eddy.


Eddy juga berdialog soal kartu tani yang merupakan program pemerintah. Eddy menanyakan apakah semua sudah menggunakan kartu tani. Lalu Rahmat menjawab. Menurutnya sampai saat ini masyarakat belum semua menggunakan kartu tani untuk menebus pupuk subsidi.


“Masih ada pak bupati warga yang membeli pupuk tanpa menggunakan kartu tani,” katanya.


Kedepan kata Eddy, petani harus menggunakan kartu tani untuk mengambil pupuk subsidi. 

Menurutnya masyarakat harus aktif menggunakannya. Katanya kalau ada kendala di lapangan boleh langsung disampaikan kepada kepala dinas pertanian atau melalui penyuluh kerja lapangan (PPL).


“Kalau bapak ada kendala, sampaikan langsung kepada PPL. Kalau ada yang mau ditanya boleh juga disampaikan kepada kepala dinas. Jadi ada apa-apa dinas pertanian akan menjawab keluhan petani,” kata Eddy Berutu.


Kepada Robot Simanullang, Eddy Berutu meminta agar terus melakukan sosialisasi kartu tani. Kepada dinas pertanian diminta untuk mengingatkan agar PPL terus berkoordinasi dengan para petani. Robot Simanullang mengatakan akan terus melakukan sosialisasi kartu tani. Ia juga mengatakan akan selalu memperhatikan jika ada keluhan petani soal kelangkaan pupuk.


“Sosialiasi akan terus kita lakukan. Soal pupuk saya akan berkoordinasi dengan kios pengecer pupuk subsidi,” kata Robot.

Usai berdialog dengan pengecer, Bupati Dairi Eddy Berutu berkunjung ke Lau Njuhar, Liang Jering dan Desa Alur Subur. 


Lebih baru Lebih lama