Wahlin Munthe Resmi jadi Dirut Perumda Tirta Nciho

DAIRI, suarapembaharuan.com - Bupati Dairi Dr. Eddy melantik Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Lae Nciho Periode 2022-2027 di Balai Budaya Sidikalang, Jumat (11/02).




“Semua berjalan melalui proses rekruitmen yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi secara terbuka dengan mekanisme uji kepatuhan dan kelayakan,” Kata Bupati.


Kepada Wahlin Munthe, Bupati berpesan, momentum ini dijadikan sebagai penyemangat untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat, karena sedianya jabatan yang diemban merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan secara institusional, konstitusional terutama kepada Tuhan Yang Maha Esa.


Bupati menjelaskan, selama kurang lebih 35 tahun, Perumda air minum Lae Nciho telah mendistribusikan air bersih di Kabupaten Dairi dengan tingkat pertumbuhan pelanggan rata-rata sebesar 5,06%.


“Tahun 2021 Perumda ini telah mengelola dan memiliki 10 unit wilayah pelayanan mencakup 57 desa atau kelurahan serta membangun sistem sebanyak 22 unit untuk melayani 7 cabang dan 3 unit. Sehingga pada tahun 2021 perumda ini telah mampu meningkatkan jumlah pelanggan hingga menyentuh angka 3,2%. Ini pencapaian yang baik,” ujar Bupati.


Pemerintah kabupaten telah melakukan penambahan penyertaan modal sebesar 15 Milyar Rupiah kepada Perumda air minum Lae Nciho selama 4 tahun anggaran sejak 2021-2024. 


Bentuk penyertaan modal tersebut menurut Bupati merupakan bentuk dukungan agar perusahaan ini dapat melakukan perannya sebagai Public Service (Layanan Masyarakat) dan memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD).


“Teruslah berbenah dan lakukan peningkatan kualitas, kuantitas dan kontinuitas ketersediaan air baik terhadap kemampuan produksi maupun perluasan jangkauan distribusi, agar tahun ini target perusahaan menjangkau seluruh kecamatan dapat tercapai,” pungkas Eddy Berutu.


Hadir juga dalam pengambilan sumpah dan pelantikan direktur Perumda Air Minum Lae Nciho, Dandim 0206 Dairi, Letkol Arh Ridwan Budi Sulistyawan mewakili Kapolres, Wakapolres Dairi, Kompol David Silalahi, Wakil Ketua Pengadilan Negeri, Monita Sitorus, Pj Sekda Budianta Pinem, Asisien dan Staf Ahli, Pimpinan OPD, Ketua PKK Kabupaten, Ny.Romy Mariani Eddy Berutu, tokoh adat serta tokoh agama.


Lebih baru Lebih lama