Edy Rahmayadi Apresiasi Jokowi Resmikan Tol Binjai - Stabat

LANGKAT, suarapembaharuan.com - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang telah meresmikan Jalan Tol Binjai-Langsa seksi I Binjai-Stabat, sepanjang 11,8 kilometer, Jumat (4/2/2022). 


Ist

"Saya atas nama rakyat Sumatera Utara, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah pusat,” sebut Edy Rahmayadi pada acara peresmian tol tersebut di Gerbang Tol Stabat, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat.

 

Menurut Edy Rahmayadi, operasional  Tol Binjai-Stabat yang merupakan bagian dari jalan tol Binjai-Langsa sepanjang 131 kilometer tersebut menjadi kabar baik bagi rakyat Sumut, khususnya Langkat dan Stabat, bahkan Provinsi Aceh.

 

"Ini kabar baik untuk rakyat Sumut, dengan dibukanya seksi I sepanjang 11,8 km ini akan menghemat jarak tempuh. Pastinya dari Medan ke Stabat yang sebelumnya 2,5 jam, sekarang jadi 45 menit. Sedangkan Langkat menuju ke Kualanamu dari 2,5 sampai 3 jam, saat ini jadi satu jam," jelasnya.

 

Selain itu, Edy Rahmayadi juga berharap, dengan dibukanya jalan tol ini memberikan manfaat bagi masyarakat. "Lancarnya transportasi ini kita harapkan adanya geliat ekonomi masyarakat," harapnya.

 

Sementara itu, Presiden Jokowi dalam sambutanya menyampaikan, ruas jalan tol Binjai-Langsa seksi I Binjai-Stabat sepanjang 11,8 km telah siap dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran konektivitas antardaerah. "Alhamdulillah hari ini ruas Jalan Tol Binjai-Langsa seksi I Binjai-Stabat sepanjang 11,8 kilometer, alhamdulillah telah siap dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran konektivitas," ucap Presiden.

 

Menurut Presiden Jokowi, Jalan Tol Binjai-Langsa nantinya akan menghubungkan dua provinsi yaitu, Sumatera Utara dan Aceh. Selain itu, jalan tol ini juga menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Provinsi Lampung hingga Provinsi Aceh. Menghubungkan sentra-sentra produksi yang ada di daerah.

 

"Arahnya semuanya ke sana, bukan hanya membangun fisik seperti ini, rakyat akan menikmati, petani akan menikmati, perkebunan akan menikmati, yang berkaitan pariwisata akan menikmati kalau itu disambungkan semuanya, jalan utama tol ini disambungkan dengan kawasan-kawasan produksi," ungkapnya.

 

Jalan ini juga akan mempermudah akses berbagai destinasi wisata yang ada di Sumut, misalnya kawasan wisata Bukit Lawang di Bahorok, kawasan wisata Tangkahan dan kawasan wisata Rohani Tuan Guru di Tanjungpura, Langkat. "Ini kesempatan sangat baik untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah. Saya titip insfratruktur yang baik ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendorong usaha usaha baru, meningkatkan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkap Jokowi.

 

Turut hadir Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Walikota Binjai Amir Hamzah, Plt Bupati Langkat Syah Afandin, dan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan.


Kategori : News

Editor     : AHS



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama