PKK dan Bunda Paud Desa di Kecamatan Lae Parira di Lantik

DAIRI, suarapembaharuan.com - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu menghadiri pengukuhan dan pelantikan PKK Desa dan Bunda PAUD desa se-Kecamatan Lae Parira, Rabu (9/2/2022).




Pada acara itu, diutarakan  PKK diatur dalam Permendagri Nomor 5 tahun 2007, yakni gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah menuju terwjudnya keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.


“PKK adalah mitra pemerintah, 10 program PKK jika dilakukan dengan baik akan sangat membantu para kepala desa. Dukungan dari kepala desa tentunya sangat diharapkan,” ujarnya.


Apabila semua keluarga memiliki ketahanan pangan, maka masyarakat yang ada di desa akan sejahtera. 

Karenanya ditekankan dukungan dari Kepala Desa dalam bentuk anggaran dana desa sangat diperlukan untuk kegiatan PKK dan PAUD desa.


Saat ini PKK Kabupaten Dairi sedang mengembangkan suatu aplikasi untuk dasawisma. 


Dasawisma suatu program untuk membantu pendataan penduduk di desa dan akan lebih terdata secara detail dan pendataan di lapangan dilakukan oleh ibu-ibu PKK.


Selaanjutnya Romy mengatakan PAUD adalah sebagai anak untuk tempat bermain. Saat ini PAUD Kabupaten Dairi sedang mengembangkan program. Paud Holistic Integratif di mana pengembangan anak lebih diperluas lagi wawasannya.


“Beberapa dinas terkait masuk di dalamnya seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Dukcapil,” katanya.


Oleh karena itu peran bunda Paud sangat penting sebagai penggerak dan motivator kepada masyarakat untuk mengajak mendaftarkan anak-anaknya ke Paud.Sebagai Ketua PKK desa dan Bunda PAUD desa, Romy Mariani mengharapkan agar kinerjanya segera ditunjukkan untuk membantu program kerja para kepala desa.


“Jika desa sejahtera maka kabupaten juga akan sejahtera dalam mewujudkan Dairi Unggul,” pungkas Romy Mariani. 


Lebih baru Lebih lama