Sabam Sirait Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

MEDAN, suarapembaharuan.com - Kalangan tokoh masyarakat, pemuka agama maupun akademisi mengusulkan ke pemerintah untuk menjadikan tokoh nasional Sabam Sirait sebagai pahlawan nasional. 


Sabam Sirait (ist)

Pengusulan ini dalam seminar nasional 'Pengusulan Sabam Sirait Menjadi Pahlawan Nasional RI Tahun 2022' yang digelar di Gedung Auditorium FK Unuversitas HKBP Nommensen, Selasa (8/2/2022).


Seminar ini menghadirkan Menteri Sosial Tri Rismaharini diwakili oleh Direktur Kepahlawanan, Keperintisan Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial, Murharjani, mewakili Gubernur Sumut, Kaka Kesbang Pemprov Sumut, Safruddin.


Selain menghadiri perwakilan pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun kota, seminar nasional ini juga menghadirkan tokoh kharismatik asal Sumut, DR RE Nainggolan MM maupun sejarawan dan lainnya.


Turut hadir Rektor Universitas HKBP Nommensen DR Haposan Sialagan SH MH, mewakili penasehat HM Hatta, Wali Kota Medan Bobby Nasution, dengan moderator DR Budiman Sinaga SH MHum.


Menurut RE Nainggolan, pengusulan Sabam Sirait sebagai pahlawan nasional karena semasa hidupnya memiliki kearifan lokal dalam berpolitik. Sehingga Sabam Sirait dinilai layak dijadikan panutan dalam demokrasi bangsa ini.


"Sabam Sirait Sirait konsisten dalam membangun politik. Apa yang dilakukan seirama dengan perbuatan. Sabam menjadi panutan karena termasuk tokoh nasional," sebutnya.


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama