Tibo Berambisi Hancurkan Anak Didik Manny Pacquiao

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Petinju Indonesia Tibo Monabesa memiliki ambisi besar menaklukkan knockout (KO) lawannya petinju asal Filipina, Jayson Vayson. Keduanya akan memperebutkan gelar WBC International Light Flyweight (kelas terbang ringan).


Foto : Petinju asal Indonesia Tibo Monabesa siap menghadapi petinju asal Filipina, Jayson Vayson. (ist)

Pertarungan Tibo melawan Jayson, anak didik Manny Pacquiao akan diselenggarakan di Holywings Gatsu Club, Jakarta, Minggu (27/2/2022). Keduanya sudah melakukan sesi timbang badan dengan hasil 48,6 kg untuk Tibo dan 48,7 kg untuk Jayson.


"Tentunya saya harapkan kemenangan KO. Kalau ada peluang KO tentu tidak akan saya sia-siakan. Jika ada peluang saya akan menjatuhkannya," kata Tibo yang percaya diri seusai timbang badan jelang laga, di Jakarta, Sabtu (26/2/2022).


Tibo menilai lawannya bukan sembarang petinju. Dari rekam jejak pertandingan, Vayson belum pernah kalah dan cara bertandingnya bagus. Jadi ia bakal menghadapi lawan yang sudah siap.


Namun, Tibo juga sudah menyiapkan strategi khusus untuk menghadapinya. Meskipun dari segi postur kalah tinggi dengan Vayson, Tibo juga merasa tidak gentar. Terlebih ia beberapa kali kerap bertanding melawan petinju Filipina.


"Memang posturnya (Veyson) bagus tapi saya tidak pernah merasa kecil. Saya tetap optimistis dengan persiapan selama ini, saya pasti bisa," ujar petinju berperawakan 163 cm itu.


Tibo mengungkapkan bahwa dirinya sudah kerja keras menurunkan bobot hingga tujuh kilogram (kg) demi bisa masuk kelas Light Flyweight. Lelaki asal Nusa Tenggara Timur (NTT) itu mengaku percaya diri dengan persiapan sehingga optimis bisa mengatasi petinju Filipina tersebut.


"Ada beberapa yang sama gayanya jadi mungkin sudah tidak asing lagi. Tinggal menyesuaikan di atas ring yang sudah dipelajari dari lawan. Saya sudah menjalani program latihan sejak jauh-jauh hari, sedangkan menuju pertandingan hanya latihan ringan," urai dia.


Promotor sekaligus pelatih Tibo, Armin Tan, mengatakan laga melawan Vayson bakal menjadi batu loncatan untuk menantang juara dunia lain seperti Jonathan Gonzalez (Puerto Rico) di WBO ataupun Felix Alvarado (Venezuela) di IBF.


"Saya pastikan kita akan mendatangkan juara dunia di sini," kata Armin.


Posisi Tibo di WBO saat ini berada di peringkat sembilan sedangkan di IBF posisi tiga belas. Di WBC, Tibo berada di peringkat ketiga.


"Kalau Tibo bisa melewati ini saya pastikan Tibo akan kejuaraan dunia. Kita akan mendatangkan juara dunia kemungkinan dari Puerto Rico atau Venezuela," ujarnya.


Selain Tibo dan Veyson, juga ada beberapa pertarungan petinju Indonesia lain seperti Defry Palulu yang akan menghadapi petinju asal Thailand, Rekka Wee. Dalam event bertema 'Holywings Spots Show Boxing' juga bakal menyuguhkan dua laga selebriti yakni Paris Fernandes "salam dari Binjai" melawan Jackson Karmela (juara Muay Thai PON 2020) serta Vicky Prasetyo vs Aldi Taher.


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama