Viral Polisi Aceh Tanam Biji Duren Pake Ketapel

Beginilah cara polisi untuk menghijaukan kembali lahan hutan tandus dan gundul di Aceh. Yang sulit diakses meski dengan berjalan kaki.


Ist

Adalah mantan Irwasda Polda Aceh KBP Marzuki Alba yang punya gagasan menanami biji buah-buahan dengan cara unik dan sangat primitif itu. Yakni dengan menggunakan ketapel.


"Saat itu kurang lebih kami membawa 300 biji duren, 300 biji kelengkeng, 500 rambutan, 500 biji semangka,  ngak kehitung biji labu, ngak di hitung biji pinang, 50 buah srikaya, ada 50 bibit bunga matahari, soka dan lain-lain,"sebut Om Juki, malam tadi via WA. 


Dia menyebut menanami biji-bijian itu di kawasan tandus Janto, Aceh Besar.


Menurut dia, biji-biji itu mereka kutip dari pasar tradisional. "Ditanam setelah dijemur lalu dibawa sambil berolahraga offroad mengunakan mobil atau saat naik trail ke hutan-hutan,"katanya.


Kesempatan itu jika dipergunakan untuk melihat lahan tandus yg di perkiraan tidak masuk kendaraan dan orang.


"Di ketepel saat musim hujan jadi memang agak berat perjalanannya,"ucap Om Juki.


Dia mengatakan, lokasi tidak pernah di tentukan, namun setiap ada libur dan kegiatan offroad, bibit sudah tersedia dikarung dan tinggal dibawa saja.


"Kegiatan menanami lahan gundul san tandus Itu sudah saya lakukan sejak 2009, sewaktu di Polres Dairi,"ungkap KBP Marzuki.


"Program kedepan jika masih diberikan kesempatan hidup dan ada rezeki akan mengumpulkan bibit di pasar-pasar dan dengan cara diempar menggunakan helikopter.  Itu cita-cita saya sejak 2009 namun belum tercapai. Allahuakbar,"sebut Om Juki. (Wiku)


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama