Aplikasi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Diluncurkan

JAKARTA, suarapembaharuan.com- Tahun awal-awal merupakan waktu sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Orang tua diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya masa tersebut dengan dengan memberi mereka bekal terbaik.


Foto : Minderoo Foundation luncurkan aplikasi tumbuh kembang anak. (Ist)

"Teruntuk para orang tua dan semua anak di mana saja, Minderoo Foundation meluncurkan aplikasi untuk pengembangan anak usia dini Thrive by Five secara global," ujar Co-Founder dan Co-Chair Minderoo Foundation, Nicola Forrest dalam konferensi pers virtual, Senin (21/3/2022).


Tujuan utama dari program ini adalah untuk menginspirasi orang tua dan pengasuh untuk lebih banyak melakukan interaksi yang berkualitas dengan anak-anak. Permainan sederhana seperti cilukba misalnya terbukti secara ilmiah memiliki dampak yang signifikan bagi tumbuh kembang anak.


Di Indonesia aplikasi Thrive by Five dinamakan Cilukbalita. Aplikasi dirancang untuk orang tua dan pengasuh untuk anak-anak berusia 0 hingga 5 tahun. Konten disebarluaskan melalui saluran daring dan luring untuk meningkatkan aksesibilitas dan menjangkau keluarga dari latar belakang sosial ekonomi yang lebih rendah.


"Anak-anak membutuhkan pengasuhan yang menyenangkan sejak awal usia mereka untuk mendukung perkembangan otak dan potensi masa depan mereka," kata Mrs Forrest.


“Anak-anak membutuhkan pengasuhan yang menyenangkan sejak awal usia mereka untuk mendukung perkembangan otak dan potensi masa depan mereka,” kata Nicola Forrest.


“Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada orang tua dan pengasuh tentang hal yang mereka butuhkan selama lima tahun pertama anak – untuk membantu anak-anak mencapai potensi masa depan mereka sepenuhnya. Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa momen-momen kecil dari koneksi dan interaksi, frekuensi pengulangan dan dapat membuat perbedaan yang signifikan,” ujarnya menambahkan.


Ketua dan pendiri Minderoo Foundation, Andrew Forrest, mengatakan bahwa yayasannya sedang mencari cara untuk mencapai perubahan paradigma global bagi anak-anak di seluruh dunia.


"Setiap anak, di mana pun mereka tinggal, memiliki hak untuk memulai hidup sebaik mungkin. Program Thrive by Five akan menginformasikan dan memberdayakan orang tua dan pengasuh untuk membantu anak-anak mereka mencapai potensi terbesar mereka, dari negara-negara yang dilanda perang seperti Afghanistan hingga komunitas paling terpencil di Kenya," kata Forrest.


"Fokus khusus kami adalah pada komunitas di mana kesadaran akan pentingnya perkembangan anak usia dini, atau di mana akses ke informasi ini terbatas, dan memberikan mereka informasi yang mudah diakses yang dan sudah disesuaikan dengan mereka," paparnya lagi.


Konten Thrive by Five didasarkan pada penelitian antropologis dan neurosciencetific yang dibuat khusus di setiap negara. Untuk memastikan aksesibilitas maksimum, konten tersedia di perangkat berteknologi rendah, perangkat yang sudah tua, dan melalui berbagai saluran termasuk SMS, radio, televisi, dan media cetak dan digital.


Tujuan utama dari program ini adalah menginspirasi orang tua dan pengasuh untuk lebih banyak melakukan interaksi yang berkualitas dengan anak-anak dan dengan demikian mengubah perilaku mereka dengan menyoroti tindakan yang dapat dilakukan dan diinginkan seperti permainan sederhana seperti cilukba yang terbukti secara ilmiah memiliki dampak yang signifikan bagi tumbuh kembang anak.


Program ini awalnya akan diluncurkan di Indonesia, kemudian diikuti oleh Afghanistan dan Namibia. Pada tahun 2024, program ini akan diluncurkan di 30 negara di seluruh dunia, yang mencakup lima benua.


Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama