Eddy Berutu Wujudkan Impian Masyarakat Terkait Pelebaran Jalan Ibukota Sidikalang

SIDIKALANG, suarapembaharuan.com – Pelebaran jalan Pahlawan tepatnya di Simpang Salak menuju Stadion Utama Sidikalang mendapat respon cukup baik dari masyarakat. Warga menilai pelebaran jalan tersebut cukup lama dinantikan masyarakat.




Masyarakat menilai, pelebaran jalan tersebut berdampak terhadap nilai tanah dan penataan jalan ibukota Kabupaten Dairi semakin baik. Masyarakat pun menilai hal tersebut menjadi nilai positif bagi Bupati Eddy Berutu sebagai bupati Dairi.


“Saya menyambut baik upaya bupati dan pemerintah Dairi untuk melebarkan jalan pahlawan ini. Pelebaran jalan ini sudah lama dinantikan masyarakat, ini impian kami,” kata Ketua Sulang Silima Marga Sigalingging, Abdul Sigalingging, Selasa (15/3/2022) saat bupati Dairi meninjau dan meletakkan batu pertama proyek pelebaran jalan Pahlawan.


Abdul pun berharap kepada bupati pembangunan jalan tersebut tidak hanya sampai Stadion Utama Sidikalang tetapi sampai dengan target yang sudah direncanakan pemerintah sebelumnya.


“Saya berharap kepada bupati terus dilanjutkan dan diusulkan agar pelebaran ini terus terlaksana. Jangan hanya tahun ini saja, maunya sampai tahun 2023 dilaksanakan pelebaran,” pintanya.


Abdul mengatakan, sangat mendukung pelebaran ini, karena nilai tanahnya akan bertambah pasca pelebaran.


“Ganti rugi sebenarnya tidak seberapa tapi nilai tanah kita yang meningkat, itu paling utama. Itu yang kita harapkan. Kemudian Kota Sidikalang akan semakin bagus,” katanya.


Ia berharap kepada pemborong untuk memberdayakan pemuda tempat yang mampu bekerja. Menurutnya pekerja ditempatkan sesuai dengan keahlian.


“Kalau memang dia mampu harian, harian saja dibuat. Impian ini sudah lama, berganti zona tanah masyarakat. ” tambahnya.


Sementara Rudiyanto mengatakan, pelebaran jalan tersebut dilaksanakan sepanjang 450 meter. Dan dilakukan secara bertahap.


Ia mengatakan, nantinya jalan dilebarkan menjadi 20 meter.


Rudiyanto mengatakan, pekerjaan pelebaran jalan ini ditargetkan bulan Juli sudah bisa dinikmati masyarakat. Ia berharap dukungan masyarakat dan pemerintah agar pekerjaan proyek pelebaran jalan bisa dikerjakan tepat waktu.


Sementara Bupati Dairi Dr Eddy Berutu mengatakan, pelebaran jalan ini bertujuan untuk penataan kota Sidikalang. Sejak dirinya dilantik tahun 2019 lalu jadi bupati, program pertama yang dilakukan adalah menata kota Sidikalang. Ia bolak-balik ke Jakarta untuk mengusulkan ke Kementerian agar pelebaran jalan menuju ibukota dilaksanakan.


Dan berhasil, tahun 2022 ini pemerintah pusat menyetujui proyek pelebaran jalan dari Simpang Salak menuju Stadion Utama Sidikalang.


Menurutnya, terkait proyek ini pemerintah daerah sudah mengeluarkan miliaran rupiah untuk ganti rugi tanah warga. Namun menurutnya pelebaran jalan masih sepanjang 2,66 kilometer tepatnya dari Simpang Salak – Stadion Utama Sidikalang.


Direncanakan, pelebaran jalan tersebut sampai ke TWI Sitinjo dengan panjang 7,2 kilometer. Namun karena situasi Covid 19 maka penganggaran pelepasan lahan dilakukan secara berhatap.


Eddy Berutu berharap mohon doa dan dukungan masyarakat agar proyek tersebut selesai tepat waktu.

Lebih baru Lebih lama