Ganjar Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Ramadan

SEMARANG, suarapembaharuan.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berupaya memastikan ketersediaan komoditas dan kondisi pangan agar tetap aman menjelang Ramadan. Apalagi, saat puasa biasanya terjadi peningkatan permintaan kebutuhan pokok masyarakat.


Ist

“Beberapa yang punya potensi-potensi yang bikin inflasi apa. Minyak goreng pasti, ada pajak, kedelai. Jadi beberapa yang punya potensi ini mesti kita kendalikan sejak sekarang. Pasti permintaan di bulan Ramadan akan tinggi,” kata Ganjar, baru - baru ini.


Sejauh ini, dari data stok pangan yang diterimanya, ketersediaan pangan di Jateng dalam kondisi aman. Hanya soal harga yang masih fluktuatif pada sejumlah produk.


“Artinya, dari sisi stok aman, dari sisi harga yang masih fluktuatif,” ujar Ganjar.


Wakil Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Jateng, Muhson Chudlori mengatakan, stok pangan di Jateng memang dalam kondisi aman menjelang Ramadan.


“Kebutuhan pokok masyarakat di bulan Ramadan dan Lebaran sebenarnya cukup. Dan bulog akan hadir ketika masyarakat membutuhkan itu,” kata Muhson.


Dia membeberkan, stok pangan yang ada di gudang Bulog hingga 23 Maret 2022 ini, dalam kondisi aman. Komoditas minyak goreng juga aman dengan ketersediaan stok 50 ribu liter.


“Itu (minyak goreng) akan bertambah seiring dengan kebutuhan yang ada. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” jelas Muhson.


Stok minyak goreng itu, kata dia, akan terus bertambah sesuai dengan kebutuhan pasar. Pihaknya akan terus melakukan pengadaan demi memenuhi kebutuhan.


“Pemerintah hadir dengan ketersediaan minyak goreng. Masyarakat nggak usah khawatir,” terang Muhson.


Selanjutnya, stok beras juga aman, di mana saat ini tercatat sebanyak 29 ribu ton. Jumlah itu terus bertambah seiring dengan memasuki masa panen. Stok pangan lain, tepung terigu tersedia sekitar tujuh ton, dan akan disebar ke seluruh kantor wilayah Bulog yang membutuhkan.


Tidak hanya itu, stok gula sampai saat ini terdapat 140 ton, dan akan bertambah mendekati atau memasuki Ramadan hingga 300 ton lagi. Sedangkan stok daging kerbau saat ini ada sekitar 22 ton. Ketersediaan daging kerbau akan bertambah lagi 40 ton.


Disinggung soal harga, Muhson mengatakan harga sampai di tingkat konsumen masih sesuai kebijakan. Harga daging kerbau Rp78 ribu per kilogram. Minyak goreng yang ada di Bulog yakni kemasan bantal dan pouch berdiri Rp 23 ribu per liter, gula pasir Rp 13.500 per kilogram, serta tepung terigu Rp 8.400 per kilogram.


“Harga itu sesuai dengan ketetapan direksi yang masih berlaku. Masyarakat bisa mendapatkan harga yang terjangkau. Kita juga menyediakan ketersediaan barangnya dan keterjangkauan harganya,” tandasnya.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama