Tutup MTQ ke-3 Yayasan Haji Anif, Musa Rajekshah Teringat Pesan sang Dermawan Sejati

MEDAN, suarapembaharuan.com - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menutup secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Yayasan Haji Anif (YHA) ke-3. 


Wagub Musa Rajekshah (ist)

Acara yang diusung oleh Almarhum H Anif Bin Gulrangshah di hari lahirnya, 23 Maret tersebut, ditujukan untuk melahirkan para generasi penerus bangsa yang berilmu, bertakwa dan mampu mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

 

"Alhamdulillah acara Musabaqah Tilawatil Quran Yayasan Haji Anif yang ketiga ini resmi ditutup. Selamat kepada semua anak-anak kita, ada sebanyak 1.000 orang yang mengikuti MTQ tahun ini. Keikutsertaan MTQ ini bukan soal memang dan kalah, tapi jadikan ini karena ingin mendapat ridha Allah SWT. Semoga kehadiran kita di sini diberkahi oleh Allah SWT dan bisa kita selalu saling ingat mengingatkan seperti apa yang tertuang di Surah Al Asr," ujar Ijeck, sapaan akrab Wagub Sumut saat menutup MTQ YHA di Masjid Al Musannif, Jalan Cemara Perumahan Cemara Asri, Rabu (23/3/2022).

 

Hadir dalam acara penutupan Kepala Kanwil Kemenag Sumut Abd Amri Siregar, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Penceramah Syeikh Fikri Thoriq, Ustaz Das'ad Latif, Wakil Bupati Serdangbedagai Adlin Tambunan dan mewakili keluarga Almarhum H Anif, Rahmat Shah.


Ist

Dalam kesempatan itu, Ijeck menceritakan pesan mendalam yang pernah disampaikan oleh Almarhum H Anif kepadanya tentang hikmah berbuat baik kepada sesama. 


"Dahulu Dadak pernah tanya saya, Jeck coba kau hitung-hitung kira-kira rezeki kita saat ini kek mana. Saya bilang Alhamdulillah cukup, Dadak terus tanya kau lihat Dadak SMP saja gak tamat kenapa sekarang bisa kek gini, apa yang dilakukan sehingga bisa jadi begini. Pertama kata Dadak jangan pernah kau ambil hak orang lain, jangan menipu orang lain, jangan berkhianat kalau berkawan, ingat budi orang meski sekecil apapun. Kemudian sedekah, jangan sayang untuk bersedekah karena sedekah tidak buat rugi justru nanti Allah mudahkan urusan kau. Itu pesan Dadak, masih banyak sebenarnya tapi kesempatan ini mengingat ceramah ustaz tadi inilah yang bisa diingat," ujar Ijeck.

 

Ijeck mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut menyukseskan acara MTQ YHA ke-3 dan seluruh jemaah yang turut hadir. "Saya atas nama keluarga mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir di sini, semoga Allah, balas dengan pahala berlipat ganda," katanya.

 

Kepala Kanwil Kemenag Sumut Abd Amri Siregar mengatakan, pihaknya sebagai instansi yang ditugaskan untuk memberikan bimbingan dan pembinaan kehidupan beragama, merasa terbantu dengan gelaran MTQ YHA ini.

 

"Selaku perwakilan dari Kementerian Agama yang diamanahkan untuk menjaga kehidupan beragama yang baik, saya merasa sangat terbantu dengan kegiatan ini. Alhamdulillah, acara yang digagas Almarhum H Anif ini dilanjutkan keluarga besar. Semoga akan terus berlanjut di hari-hari mendatang," ujarnya.

 

Hal sama juga diungkapkan Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin. Ia pun mengaku MTQ ini jadi inspirasi baginya ke depan Kodam I/BB bisa melaksanakan gelaran yang sama. "Apresiasi saya kepada Pak Wagub, ke depan bukan YHA saja yang mengadakan MTQ, bisa jadi Kodam juga melakukan MTQ yang sama, Aamiin," ujarnya.

 

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ YHA Sugeng Wanto membacakan peserta terbaik Tilawah Alquran Putra bernama Mahir Hasan Putra dari Pondok Tahfiz Hafizul Ihsan Tebing Tinggi dan Tahfiz Alquran Putri bernama Intan Afiyah dari BAPQOH Sumut. Sementara itu, untuk Tahfiz Alquran Putra terbaik bernama M Syafiq Arrifki Lubis dari BAPQOH Sumut, dan Tahfiz Alquran Putri terbaik bernama Sofia Nabila Siregar dari MI Terpadu Al Ihsan Tanjung Balai.

 

Pada penutupan MTQ YHA juga dilakukan Wisuda Tahfidz 30 Juz Santri Madrasah Tahfidz Al Musannif bernama Muhammad Azaky Kaska Lopulalan (15). Ia pun menjadi santri pertama yang diwisuda.


Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama