Ingin UMKM Naik Kelas, Bupati Dairi Koordinasi Program E-Katalog Dengan Bank Sumut

Medan –suarapembaharuan.com - Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu pernah meminta lintas OPD agar segera membuatkan Pokja e-katalog lokal yang nantinya tempat memasarkan produk unggulan dari Kabupaten Dairi. 




Untuk itu Eddy Berutu melakukan koordinasi dengan direksi PT. Bank Sumut untuk ikut bersama-sama dengan Pemda memberikan pendampingan kepada ribuan pelaku usaha aktif di Kabupaten Dairi.


Tak hanya pendampingan Eddy Berutu juga meminta PT. Bank Sumut memberikan bantuan modal atau kredit kepada pelaku usaha yang ada di Dairi.


“Hari ini saya menemui managemen di PT Bank Sumut diantaranya, Hadi Sucipto Direktur Pemasaran, Syafrizalsyah pemimpin divisi ritel, Ramadhan Muda Siregar pemimpin divisi kredit, Fikri divisi dana untuk mendukung program e-katalog itu,” kata Eddy Berutu di Medan, Jumat (4/3/2022).


Kepada Syafrizalsyah, Pemimpin Divisi Ritel PT Bank Sumut Eddy memaparkan konsep Dairi Unggul Entrepreneur College.


“Apa hubungannya dengan Dairi Unggul Entrepreneur College dengan e-katalog? Iya, saya menyampaikan kepada PT Bank Sumut pemerintah ingin UMKM di Kabupaten Dairi melengkapi dokumen usaha. Nah ini tugas pemerintah,”katanya.


Ketua DPD Golkar Dairi itu mengusulkan PT Bank Sumut harus ikut memberikan permodalan dan kredit kepada pelaku usaha. Kemudian saya berharap Bank Sumut melakukan pendampingan. Dia berharap nantinya UMKM di Dairi bisa mandiri. 


“Saya ingin pelaku UMKM naik kelas. Nantinya jika UMKM naik kelas, tentu pelaku usaha bisa memasarkan produk unggulannya melalui e-katalog. Dari Dairi banyak produk UMKM yang dijual, kopi, tenun ulos, coklat dan produk lain,” katanya.


Eddy mengatakan, rapat dengan PT. Bank Sumut di Medan. Kegiatan ini membahas program tindak lanjut bapak Presiden Jokowi tentang e-katalog lokal.


“Dalam hal ini Pemda Dairi bergerak cepat menindaklanjutinya. Pemda Dairi sedangkan menyiapkan pokja e-katalog yang nantinya bisa memasarkan produk-produk lokal,” ucapnya.


Sementara Syafrizalsyah mengatakan permintaan tersebut akan segera diajukan kepada pimpinannya untuk dibahas bersama-sama. Soal bantuan modal dan pendampingan usaha akan ditindaklanjuti. Pada intinya kata Syafrizalsyah, PT. Bank Sumut siap membantu program kabupaten kota terutama selaras dengan program pusat.


“Kita mendukung, kami sangat tertarik dengan pemaparan bupati Eddy Berutu tentang Dairi Unggul Entrepreneur College. Semoga program ini segera terwujud,” tukasnya.


Lebih baru Lebih lama