RSUD Sidikalang Kian Maksimal Layani Pasien Covid-19

DAIRI, suarapembaharuan.com - Tingginya lonjakan terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Dairi menjadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Dairi. Oleh karena itu, sesuai arahan Bupati Eddy Keleng Ate Berutu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidikalang telah mempersiapkan pelayanan untuk penanganan Covid-19.




Direktur RSUD Sidikalang dr. Pesalmen Saragih, M.Ked (ClinPath) mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan 2 ruangan isolasi sementara di IGD sebelum pasien diputuskan dirawat atau isolasi mandiri.


“Petugas ruangan isolasi yang berjumlah 25 orang telah kembali bekerja sesuai jadwal setelah mereka menjalani isolasi mandiri dan siap melayani. Petugas isolasi juga telah berhasil membantu persalinan di ruang isolasi sebanyak 9 orang,” kata Pesalmen, Jumat (4/3/2022).


Selain itu, RSUD Sidikalang sudah mempunyai oksigen generator yang mampu membantu ketersediaan oksigen sebanyak 5-6 tabung perhari. Selanjutnya, setelah mendapatkan bantuan 2 kali dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara beberapa alat kesehatan , obat-obatan dan alat pelindung diri (APD), saat ini di RSUD Sidikalang telah tersedia obat-obatan penanganan covid-19 untuk 500 orang pasien.


Sedangkan untuk APD petugas dengan estimasi cukup untuk 4 bulan kedepan Pesalmen menambahkan saat ini rumah sakit sedang mempersiapkan ruang operasi yang bertekanan negatif agar segera dapat dipergunakan untuk pasien-pasien yang terkonfirmasi covid-19 dapat dilakukan tindakan operasi di RSUD Sidikalang, sehingga mengurangi rujukan covid mengingat sulitnya mendapatkan rumah sakit rujukan covid untuk tindakan operasi karena seluruhnya penuh.


“Semoga RSUD Sidikalang dapat terus berbenah dalam penanganan pasien khususnya pasien covid-19 menuju Dairi Sehat dan Dairi Unggul,” pungkasnya. 


Lebih baru Lebih lama