Perusahaan Malaysia Jalankan Inovatif Market Immersion ke Indonesia

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Malaysia External Trade Development Corporation (Matrade) berkomitmen dalam memperjuangkan keberlanjutan sebagai salah satu daya saing inti perusahaan tingkat menengah Malaysia (MTC). 


Ist

Menyadari meningkatnya permintaan akan bahan berbasis plastik yang berkelanjutan dan inovatif di Indonesia, Matrade telah memprakarsai virtual Immersion Mission Mid Tier Company ke Jakarta, Indonesia pada 25 Maret 2022.


Dengan tujuan untuk menghubungkan perusahaan Malaysia dengan calon mitra bisnis dan pembeli di Indonesia, khususnya di industri plastik yang berkelanjutan dan inovatif, acara utama dari program ini adalah pertemuan bisnis tatap muka dengan mitra dan importir Indonesia. 


Sebanyak lima MTC Malaysia yang merupakan produsen bahan berbasis plastik seperti resin dan film berpartisipasi dalam program ini.


Untuk MTC, pertemuan bisnis telah diatur oleh Matrade Jakarta dengan importir potensial di Indonesia. Selain itu, Matrade Jakarta juga telah mengadakan sesi briefing dengan otoritas, asosiasi dan pemain plastik besar Indonesia selama acara immersion mission untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang pasar Indonesia.


Di Malaysia, Matrade telah menjadi pendorong bagi perusahaan Malaysia untuk mengutamakan kelestarian. Melalui inisiatif Sustainability Action Values for Exporters (SAVE) di bawah Matrade mendorong eksportir Malaysia untuk menerapkan kebijakan keberlanjutan dan mematuhi semua praktik dalam bisnis dan operasi mereka. 


Ini akan membekali perusahaan untuk menjelajah ke pasar yang memberikan fokus lebih besar pada lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG) ke dalam prinsip-prinsip mereka melakukan pada bisnis internasional.


"Even ini digelar untuk berkolaborasi, dan saat ini ada 5 perusahaan yang bergerak di bidang plastik , kebanyakan produk-produk ini tidak ada di Indonesia , sehingga kami perlu mengembangkan di sini," ujar Har Man Ahmad, Trade Comissioner of Matrade Jakarta didampingi Irma Permata Sari, Sub Koordinator of SNI Licenaing Group Subtance di Hotel JW Marriot, Kuningan Jakarta. 


Pada pasar gabungan adalah bagian dari fase Go-to-Market di bawah Program Pengembangan Perusahaan Tingkat Menengah yang diprakarsai oleh Matrade. Program ini memberikan bantuan pengembangan ekspor yang disesuaikan untuk mengubah perusahaan tingkat 


Menengah menjadi juara regional dan global. Tahun ini menandai kedua kalinya acara tersebut diselenggarakan dalam format virtual. Tahun lalu, MATRADE telah menghubungkan Perusahaan Kelas Menengah Malaysia dari sektor fast moving and consumer goods (FMCG) dengan pemain e-commerce Indonesia.


Di Malaysia, MTC memainkan peran penting dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi negara. MTC didefinisikan sebagai perusahaan dengan pendapatan tahunan antara USD 12 juta hingga USD 120 juta di sektor manufaktur dan USD 5 juta hingga USD 120 juta di sektor jasa. 


Hingga saat ini, sebanyak 275 perusahaan kelas menengah dari berbagai sektor seperti listrik & elektronik, ICT, suku cadang dan komponen otomotif, plastik, waralaba, minyak & gas dan makanan olahan telah berpartisipasi dalam Program Pengembangan Perusahaan Tingkat Menengah (MTCDP). sejak tahun 2014.


Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama