Pesona Batu Giok Aceh

Oleh : H. Sariat Arifia


Baik laki laki maupun perempuan,  baik di Aceh maupun di luar Aceh, banyak yang belum tertarik  dengan giok Aceh karena memang belum mengerti  tentang batu. Plastik  yang di cat warna hijau, di anggap sama  dengan batu giok. Padahal itu bukan batu tapi plastik atau imitasi dari batu giok asli.


Ist

Karena tidak mengetahui tentang batu inilah maka otomatis  keindahan batu giok Aceh belum lagi tersingkap. Dimana keindahannya yang sebenarnya.


Untuk memahami indahnya batu giok Aceh, maka dimulai dari satu pengetahuan bahwa batu giok berwarna hijau itu bukan mudah di dapatkan. Di wilayah Indonesia sendiri, saat ini yang diketahui memiliki deposit batu Giok baru di provinsi Aceh saja, baik dari wilayah Nagan raya maupun di Takengon, Aceh tengah.


Batu-batuan pada umumnya yang tidak memiliki warna khusus, atau batu akik sulaiman yang memiliki banyak warna, ternyata tidak mudah ditemukan untuk memiliki warna hijau. Di Cina, dengan peradaban 10.000 tahun, batu giok berwarna hijau umum di sebut batu dari surga. 


Warna hijau ini melambangkan warna surga. Tidak jauh dengan warna warna khas Islam, dimana di dalam al quran surat ar rahman ( ayat 64) surga itu hijau tua warnanya.

 

Oleh karena itu bagi penggemar fanatik batu giok, warna hijau ini menjadi lambang keindahan dari surga. Semakin bersih. Semakin terang dan semakin bercahaya maka semakin terasa keindahannya dan semakin tinggi juga nilainya. 


Ist

Warna hijau ini juga melambangkan kemakmuran dan ketenangan. Bersifat netral kepada siapapun pemakainya. Bagi para wanita, warna ini menjadi simbol awet muda dan keabadian dalam keanggunan yang mempesona. Begitu indahnya!


Keindahan batu giok Aceh baru benar benar bisa dinikmati ketika sudah di dalam bentuk perhiasan dan aneka produk yang sudah jadi. Tidak semua batu kuat untuk diukir,  tidak semua batu bisa dijadikan gelang. Oleh karena itu keindahan batu giok aceh gang menjadi perhiasan adalah merupakan pilihan dari batu yang terbaik dari yang terbaik.


Aneka ragam hijau pada Giok Aceh memberikan pilihan kepada selera pembelinya. Semakin terang, semakin hidup, semakin  padat dan menyala hijaunya maka semakin terasa keindahannya.


Salah satu unsur menikmati keindahan batu giok Aceh adalah kilau dari batu giok itu sendiri, untuk menghasilkan kilau yang baik diperlukan kekerasan seperti besi dan juga kemampuan memoles yang baik sehingga mengkilap seperti kaca, pantulan cahaya terlihat begitu sempurna di permukaannya.


Keindahan batu giok Aceh di tambah lagi dengan adanya khasiat pada batu giok. Batu giok memiliki efek kepada awet muda dan juga perlindungan kepada ginjal. Khasiat dan zat pada batu giok bersifat khusus dan tidak dimiliki batu-batuan lain.


Selain itu, giok Aceh dengan keindahannya yang sudah sedemikian rupa bagi orang orang yang mengetahui masih ada lagi tambahannya yaitu memiliki valuasi internasional. Batu giok bukan hanya terkenal di Aceh saja, tapi di kenal dan diakui seluruh dunia, bahkan peradaban Cina dibangun diatas dasar peradaban batu giok.


Nah, apakah sudah siap untuk memiliki giok Aceh? Yuk  segera miliki!


Lebih baru Lebih lama