Sandiaga Uno Angkat Potensi Kuliner Belitung Guna Peningkatan Ekonomi

BELITUNG, suarapembaruan.com – Salah satu peningkatan pariwisata bukan hanya lokasi yang bersih dan juga baik, melainkan faktor pendukung lainnya seperti ekonomi kreatif. Sama halnya yang ada di Kabupaten Belitung, lokasi ini banyak yang bisa dikembangkan terkait ekonomi kreatifnya. Sektor kuliner menjadi kebangkitan ekonomi Kabupaten Belitung. 


Ist

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan, dirinya melihat ada sektor kuliner yang bisa berkembang. 


“Saya lihat sektor ini bisa terus berkembang dan berinovasi meski di masa pandemi”, katanya. 


Oleh karena itu, pihaknya mengadakan Workshop Pengembangan Kabupaten/ Kota (KaTa) Kreatif Indonesia yang merupakan rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia tahun 2022. 


Dia menuturkan, pada tahun 2016 Kabupaten Belitung telah mengikuti program Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I), melalui metode uji petik telah disepakati bersama dengan aktor ABCGM bahwa Subsektor Kuliner sebagai subsektor ekraf unggulan di Kabupaten Belitung, dengan produk kuliner khas yaitu Gangan dan Teri Krispi. 


Gangan adalah sup ikan tenggiri segar yang memiliki warna kuning dominan dan rasa yang sedikit asam dan gurih. Teri Krispi adalah ikan teri yang diolah menjadi menu makanan ringan yang dapat dibawa oleh turis menjadi oleh-oleh khas Belitung.


“Dari sektor ini telah berkontribusi terhadap PDRB daerah sebesar Rp617.447.000.000,- per tahun. Tim Riset Universitas Sahid Jakarta menyebutkan wisatawan berbelanja kuliner khas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama 2017 mencapai Rp1,2 triliun,” tukasnya. 


Oleh karena itu, kuliner adalah salah satu yang akan dikembangkan guna meningkatan perekenomian di Kebupaten Belitung. 


Tidak hanya itu, jumlah unit pangan skala usaha kecil di Bangka Belitung sebanyak 62,3 persen dan usaha menengah 29,2 persen. Dengan rekam jejak tersebut subsektor kuliner diharapkan dapat menjadi lokomotif penggerak bagi subsektor ekraf lainnya di Kabupaten Belitung. “Saya harapkan Kabupaten Belitung bisa lebih maju dalam usaha kulinernya,” pungkasnya.


Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Kabupaten Belitung dilaksanakan Sabtu, 26 Februari 2021 di Gedung Serbaguna Pemkab Belitung, Jalan A. Yani No.1, Tanjung Pandan, Belitung. Adapun peserta yang dapat mengikuti kegiatan Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif adalah pelaku Ekonomi Kreatif yang berada di Kabupaten Belitung dengan jumlah peserta sebanyak 35 peserta. 


Untuk bisa mengikuti kegiatan Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia pelaku ekraf wajib mendaftarkan diri melalui website www.katakreatifindonesia.com dan melampirkan bukti surat keterangan sudah mejalankan usaha selama minimal 6 (enam) bulan dari pemerintah setempat.


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama