Tonjolkan Kesenian dan Artistik, Sandiaga Otimistis Desa Wisata Bantaragung Serap Lapangan Kerja

MAJALENGKA, suarapembaharuan.com – Sosialisasi Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2022 kali ini menyambangi Desa Wisata Bantaragung berada di Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Dengan berkembangnya desa wisata maka penyerapan lapangan kerja juga semakin banyak. 


Ist

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Desa Wisata Bantaragung menonjolkan kesenian dan artistik. Pasalnya banyak ditemukan hal yang kreatif di desa tersebut, bahkan ada paket wisata bertani dimana jarang ada di desa wisata lainnya. 


Menariknya, sistem pertanian teraseringnya bisa dilihat langsung yang indah dan tak kalah dari Ubud. Desa Wisata Bantaragung membuat paket wisata bertani yang disuguhkan pada wisatawan. Di sini wisatawan bisa belajar bertani hingga membajak sawah secara tradisional dengan menggunakan kerbau. 


“Ini menjadi daya tarik wisata yang cukup menjual, sehingga wisawatan yang berkunjung bisa mencoba bertani dengan membajak sawah secata tradisional,” kata Sandiaga dalam keterangannya Rabu (9/3/2022). 


Dalam kunjungan kerjanya, Sandi mengungkapkan kalau Desa Wisata Bantaragung adalah paket komplit bila ingin menikmati alam ciptaan Tuhan. Pasalnya di desa wisata tersebut wisatwan juga bisa menikmati Curug Cipeteuy dimana air terjun tersebut masuk dalam Kawasan hutan konservasi Taman Nasional Gunung cermai. 


“Wisatawan bisa mencoba kesegaran airnya dengan berenang disana,” ujarnya. 


Selain itu wisawatan juga bisa langsung melihat Ciboer Pass atau yang dikenal dengan memiliki pemandangan layaknya ilustrasi gambar pegunungan yang sering dilihat. Berlatar Gunung Ciremai dan hamparan sawah di kanan kirinya. Di Ciboer Pass juga terdapat muara dengan air jernih yang sejuk. Ciboer merupakan tempat yang cocok untuk wisatawan menikmati matahari terbenam.


Ada juga Bukit Batu Semar, disini wisatawan dapat menikmati sunrise hingga sunset dari ketinggian 1100 mdpl. Untuk mencapai ke sana wisatawan harus menaiki anak tangga selama kurang lebih 7 menit saja. Wisatawan juga dapat berswafoto dengan latar belakang keindahan alam Gunung Jajar Sinapeul. 


“Saya rasa paket lengkap ada di desa wisata Bantar Agung, dan ini sesuai dengan tema ADWI 2022 yaitu Kebangkitan Ekonomi untuk Indonesia Bangkit, karena semuanya ada. Dalam desa wisata ini kita harapkan mampu membuka lapangan kerja seluas-luasnya," tukasnya. 


Usai mengunjungi satu persatu lokasi wisata di desa tersebut, Sandi menyempatkan diri untuk berbincang dengan Pak Amin sang pembajak sawah yang masih menggunakan kerbau. Ia pembajak sawah satu- satunya di Bantaragung yang masih menggunakan kerbau. Diungkapkan kalau dia ingin tetap melestarikan tradisi ini meskipun sudah ada perangkat modern lainnya. 


Dalam perbincangannya dengan Sandi, dia mengutarakan kalau alat yang dipakainya sudah mulai menua da nagak sedikit rusak. Mendengar keluhan tersebut, Sandi kemudian memberikan dukungan modal untuk membuat singkal atau alat pembajak baru. 


“Kita sangat mendukung niat Pak Amin dan anaknya dalam melestarikan tradisi budaya membajak sawah secara tradisional yang bisa jadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Bantaragung,” pungkasnya. 


Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”. 


Tujuan acara program ADWI) 2022 agar dari 83.000 desa di seluruh Indonesia yang memiliki daya tarik wisata tergerak untuk mendaftarkan desanya ke dalam program ADWI) 2022. Tidak hanya itu kegiatan ini juga bisa membangun motivasi bagi pengembangan desa dan menjadi penggerak ekonomi tingkat desa melalui desa wisata. Ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2022 akan membuka pendaftaran mulai tanggal 19 Februari hingga 31 Maret 2022 mendatang.


Foto : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bersama seorang petani Pak Amin sang pembajak sawah di Desa Wisata Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama