2,3 Juta Warga Diprediksi Mudik Lebaran ke Sumut

MEDAN, suarapembaharuan.com - Menjelang Lebaran 2022, diperkirakan sekitar 2,3 juta warga melakukan mudik atau pulang kampung ke Sumatera Utara (Sumut). Antusias warga melakukan mudik tersebut terjadi karena sudah dua tahun tidak mudik akibat pandemi Covid-19.


Ilustrasi

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut Alfi Syahriza saat konferensi pers  yang difasilitasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut di Ruang Rapat I Lantai 2 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Selasa (26/4/2022).

 

“Diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-2 atau 30 April 2022, dan puncak arus balik diperediksi H+5 atau 8 Mei 2022,” ungkap Alfi Syahriza.

 

Dikatakannya, untuk menjaga arus mudik berjalan aman, Dishub Sumut telah mendirikan posko –posko pengamanan. Selain itu untuk memastikan bahwa moda transportasi umum dalam kondisi laik jalan,  Dishub juga telah melakukan Ramp Check (Inspeksi Keselamatan) pengemudi/awak, sarana dan test urine pengemudi di terminal dan Pool Bus AKAP/AKDP.

 

Alfi juga memaparkan, jumlah penumpang masa Lebaran untuk angkutan jalan diprediksi 29.792 penumpang/hari, angkutan penyeberangan 1.891 kendaraan/hari, angkutan kereta api 11.976 penumpang/hari, angkutan laut 1.198 penumpang/trip dan untuk angkutan udara diprediksi 16.192 penumpang /hari.

 

Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik, jelasnya, Dishub Sumut telah menyiapkan 250 PO Bus, 4 relasi + 40 KA,  8 Kapal Ferry penyeberangan di Kawasan Danau Toba dan 6 Kapal Ferry penyeberangan di Kepulauan Nias. Untuk moda transportasi laut disiapkan KM Kelud dan Doro Londa kapasitas 2.607 seat/trip dan sedangkan transportasi udara untuk Bandara KNO 19 rute, Bandara Silangit 5 rute, Bandara Binaka  5 rute, Bandara Sibolga  1 rute dan  Bandara Aek Godang - Lasondre 3 rute.

 

Untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas, juga akan diberlakukan pembatasan operasional angkutan barang di ruas jalan Medan - Berastagi, Pematangsiantar-Parapat-Porsea, kecuali kendaraan pengangkut  BBM, Ternak, Pupuk, Sembako dan sepeda motor mudik.

 

Alfi juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan bila terjadi kemacetan panjang hendaknya menggunakan jalur alternatif.  “Bagi masyarakat yang melakukan mudik untuk tetap menjaga Prokes, meskipun kondisi sudah terkendali namun tetap harus waspada karena mobilitas masyarakat secara bersamaan,” harapnya.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama