Ganjar Blusukan ke Pasar untuk Cek Harga Minyak Goreng

GROBOGAN, suarapembaharuan.com – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo masih menemukan minyak goreng curah yang dijual dengan harga antara Rp18 ribu-Rp20 ribu. Padahal distributor mengaku menjual dengan harga Rp13 ribu-Rp15 ribuan.


Ist

Hal itu ditemukan Ganjar saat sidak di Pasar Gubug, Grobogan, Jawa Tengah, Senin (18/4/2022). Ketika masuk dan berkeliling di dalam pasar, Ganjar selalu mendengar curhatan emak-emak mengenai harga minyak yang mahal.


“Mahal pak, masih Rp19 ribu-Rp20 ribuan. Pripun niki pak ben didunke regane (Bagaimana ini pak biar diturunkan harganya),” ujar salah seorang emak, yang ditemui Ganjar membawa jeriken minyak berukuran kecil.


Sembari bertanya harga minyak, Ganjar juga mewawancarai para pedagang sembako dan pakaian di Pasar Gubug. Sejumlah pedagang sembako mengaku beberapa bahan pokok stabil di harga tinggi.


“Dodolan klambi laris mboten bu? Meh badha akeh sing tuku sarung ya (Jualan baju laris tidak bu? Mau Lebaran banyaknyang beli sarung ya),” tutur Ganjar diiyakan emak-emak.


Bergeser 100 meter dari Pasar Gubug, Ganjar mampir ke kios distributor minyak goreng curah yang tampak sedang menerima pasokan dari tengki. Setelah berbincang, distributor bernama Handoyo mengaku menjual dengan harga rata-rata Rp15 ribu.


“Penjualannya bagus. Jadi per kilo Rp15.400 untuk eceran kalau bakul Rp15.100, kalau liter Rp13 ribuan. Kalau kita model distribusinya sampai tingkat di sini bagus seperti itu. Sebenarnya teori berikutnya di masyarakat akan bisa lebih rendah,” kata Ganjar.


Fakta bahwa masyarakat masih membeli minyak goreng eceran seharga Rp 20ribu, kata Ganjar, problemnya ada pada tengkulak.


“Dadi yang kulakan di sini sampai ke konsumen, mudah-mudahan tidak terlalu banyak. Maka kalau tadi kita lihat di tingkat konsumen masih Rp20 ribu, Rp18 ribu kayaknya masih ketinggian. Jadi ada problem di sana,” ucapnya.


Kategori : News

Editor     : ZHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama