Terduga Teroris Jaringan NII Berencana Gulingkan Pemerintahan Presiden Jokowi

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Densus 88 Antiteror Polri masih mendalami pemeriksaan terhadap 16 orang terduga terorisme jaringan Negara Islam Indonesia (NII) di wilayah Sumatera Barat (Sumbar). 


Kombes Pol Aswin Siregar (Ist)

Berdasarkan laporan penyelidikan dan pemeriksaan, Densus 88 mengungkap jaringan NII Sumbar ini, sisuga mempunyai rencana untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jomowi), sebelum Pemilu 2024.


"Barang bukti yang ditemukan juga menunjukkan sejumlah rencana yang tengah dipersiapkan oleh jaringan NII Sumatra Barat yakni upaya melengserkan pemerintah yang berdaulat sebelum tahun Pemilu 2024," kata Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Kombes Aswin Siregar kepada wartawan, Senin (18/4/2022).


Aswin mengatakan pihaknya juga menemukan barang bukti lain berupa dokumen. Dia menduga NII Sumbar memiliki rencana mengganti ideologi Pancasila seperti NII Kartosuwiryo.


"Sejumlah barang bukti yang ditemukan dalam bentuk dokumen tertulis menunjukkan bahwa jaringan NII di Sumatra Barat memiliki visi-misi yang sama persis dengan NII Kartosuwiryo, yakni mengganti ideologi Pancasila dan sistem pemerintahan Indonesia saat ini dengan syariat Islam, sistem khilafah dan hukum Islam," katanya.


Aswin menyebut NII Sumbar juga memiliki potensi ancaman dengan senjata tajam golok. Polisi pun menemukan barang bukti berupa golok panjang dari salah satu tersangka.


"Di antara sekian rencana tersebut, terdapat juga potensi ancaman berupa serangan teror yang tertuang dalam wujud perintah mempersiapkan senjata tajam dan juga mencari para pandai besi," ujarnya.


"Adapun temuan alat bukti arahan persiapan golok tersebut sinkron dengan temuan barang bukti sebilah golok panjang milik salah satu tersangka," pungkasnya.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama