ITW Ingatkan Pemerintah Fokus Wujudkan Kamseltibcar Pemudik

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Indonesia Traffic Watch (ITW) mengingatkan bahwa mudik lebaran tahun ini sangat berbeda dengan sebelumnya. Selain jumlah pemudik yang meningkat dan jenis  transportasi yang digunakan, pandemi Covid-19 juga potensi menjadi ancaman yang harus mendapat perhatian serius.


Ketua Presidium ITW, Edison Siahaan (Ist)

Ketua Presidium ITW, Edison Siahaan menyarankan, pemerintah harus lebih fokus untuk mewujudkan keamanan,keselamatan, ketertiban,kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) sekaligus upaya pencegahan penularan Covid-19. 


"Pemerintah bersama Polri serta seluruh pihak terkait hingga pemerintah daerah harus membangun koordinasi yang bersinergi," ujar Edison Siahaan melalui keterangan tertulisnya, Selasa (19/4/2022).


Menurut Edison, pemerintah harus memastikan kesiapan infrastruktur sarana prasarana hingga ke tingkat daerah yang menjadi tujuan pemudik. Misalnya kesiapan wlayah yang menjadi pintu keluar jalan tol. Sehingga tidak mengganggu arus mudik yang jumlahnya besar.


"Berbagai kebijakan yang akan diterapkan seperti ganjil genap dan satu arah serta buka tutup, benar-benar dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan situasi serta kondisi dilapangan," katanya.


Diharapkan, pemerintah dan Polri sudah memiliki data atau informasi yang akurat terkait daerah atau wilayah yang menjadi tujuan pemudik. Serta menyiapkan seluruh ruas-ruas jalan yang dapat digunakan menjadi lintasan alternatif, apabila terjadi kemacetan maupun gangguan arus lalu lintas.


"Pengelola jalan tol juga harus lebih meningkatkan pelayanan dengan menyiapkan sarana prasarana yang maksimal. Termasķuk kesiapan alat-alat yang akan digunakan untuk evakuasi apabila terjadi gangguan serius. Seperti penggunaan helikopter untuk melakukan evakuasi," katanya.


Kemudian tidak membiarkan arus lalu lintas macet atau tersendat, karena jumlah kendaraan yang melintas melebihi daya tampung ruas jalan tol.


Selain itu, dia mengimbau agar pemudik juga ikut berperan aktif mewujudkan Kamseltibcarlantas dan tetap waspada terhadap penularan Covid-19. 


"Niat untuk bersilaturahmi dengan keluarga akan terwujud penuh suka cita, apabila tetap menjaga keselamatan dan kesehatan saat melakukan perjalanan mudik maupun balik," pungkasnya.


Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama