Link Banner

Peringati Nuzulul Quran, UISU Optimistis Raih Predikat Unggul

MEDAN, suarapembaharuan.com – Predikat unggul akan diraih Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) seiring bertumbuhnya budaya membaca Al-Quran di kalangan civitas akademik.



Keyakinan tersebut disampaikan Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU, Prof. H. Ismet Danial Nasution, drg., Ph.D., Sp.Pros(K)., FICD., Sabtu (23/4/2022), saat mengikuti khataman Al-Quran sekaligus Peringatan Nuzulul Quran di Masjid Al-Munawwarah UISU, Jalan SM Raja, Medan, Sumatera Utara. Kegiatan ini dimulai bakda Ashar dan ditutup dengan Tarawih berjamaah.


“Saya berharap seluruh jajaran civitas akademik terus meningkatkan budaya membaca Al-Quran. Membaca Al-Quran itu mencerdaskan. Saya meyakini tema kegiatan ini, yakni Budaya Membaca Al-Quran Mencerdaskan Umat Menuju UISU Unggul. Insya Allah,” ungkap Prof. Ismet dalam sambutannya.


Dia menekankan, budaya membaca Al-Quran harus terus bertumbuh. Sehingga, khataman tidak hanya dilaksanakan di Bulan Ramadan, tetapi bisa setiap bulannya.


“Saya berterima kasih seluruh Keluarga Besar UISU berhadir dalam memeriahkan Khataman dan Nuzulul Quran ini, sebagai salah satu bentuk syiar Islam di tengah-tengah masyarakat. Terima kasih saya sampaikan setinggi-tingginya atas kehadiran Gubernur Sumatera Utara, yang dalam hal ini diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bapak Syafruddin Nasution,” pungkasnya.


Keyakinan Prof. Ismet diamini Syafruddin Nasution. Menurutnya, UISU segera meraih predikat unggul dengan civitas akademik yang membudayakan membaca Al-Quran.


“Kebiasaan membaca Al-Quran akan memberikan dampak luar biasa. Kita akan akan teliti dalam bekerja. Kita menjadi semakin produktif dan tidak mudah Lelah,” ujarnya.


Karena itu, dia berharap Keluarga Besar UISU tidak hanya membudayakan membaca Al-Quran di lingkungan sendiri, tetapi juga ke seluruh masyarakat. Dia mendorong Keluarga Besar UISU membumikan Al-Quran di Sumatera Utara.


“Terima kasih kepada UISU yang selama ini telah menjadi mitra Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Saya yakin, UISU akan mampu mencapai predikat unggul, sesuai tema kegiatan ini,” tukasnya.


Hadir dalam kegiatan ini Pembina Yayasan UISU, Drs. H. Syahwin dan Ir. Rizal Fahmi Nasution beserta jajaran. Ketua Pengawas, H. Sofyan. SH.


Para pengurus yayasan yakni Ir. Indra Gunawan, MP,  Ir. Armansyah. MT, Ir. H. Saiful Jihad. ST, Dr. H. Danialsyah. SH. MH, T. Arief Hasan Delikhan S.Sos, Prof. Dr. Ir. H. Mhd. Asaad. M.Si dan  serta Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP beserta jajaran wakil rektor, dekan, dosen dan pegawai.


Di kesempatan ini, Dr. H. Yanhar Jamaluddin pun mengungkap harapan agar budaya membaca Al-Quran terus ditumbuhkan sepanjang tahun. 


“Jangan terjadi setelah bulan Ramadhan kita malah meninggalkan Al-Quran,” ucapnya, sembari mengingatkan bahwa makna Ramadan justru akan terwujud dan membekas seusai bulan Ramadhan.


Sementara itu Ketua Panitia Khataman dan Nuzulul Quran Keluarga Besar UISU, H. Ikrom Helmy Nasution menyampaikan tadarus Al-Quran hingga khataman diikuti seluruh civitas akademika UISU, mulai dari pimpinan universitas, lembaga, fakultas hingga program studi yang juga melibatkan unsur pegawai.


Tadarusan berlangsung selama Ramadan di Auditorium UISU. Tadarusan merupakan agenda rutin UISU setiap memasuki Ramadan.


Khataman kali ini, lanjut dia, ditandai secara simbolik dengan penyerahan seperangkat bale pulut kuning kepada unsur pimpinan, baik di kepengurusan yayasan, pembina, pengawas, akademik hingga Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Munawarah.  


“Dipersiapkan 12 bale, sebagai penanda harapan agar Al-Quran terus dibaca setiap hari,” ungkapnya.


Prosesi khataman dipimpin Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan Agama Islam (LEPPAI) UISU, Drs. Ahmad Adib Nasution, MM. Sementara tausiyah dan doa disampaikan Ustadz H. Hamdan Yazid, M.Hi. 


Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama