Transaksi Keuangan Makin Mudah, Cepat, dan Aman dengan _QRIS_ Pospay dari Pos Indonesia

JAMBI, suarapembaharuan.com - PT Pos Indonesia (Persero) mengikuti perkembangan zaman dalam bisnis jasa layanan keuangan dengan menghadirkan produk inovasi layanan keuangan digital, yang berlabel Pospay. 


Ist

Sejak resmi diluncurkan pada 13 April 2021, Pospay telah mendapat tempat di hati masyarakat. Terbukti, tak sampai setahun, Pospay berhasil mengantongi 2 juta pelanggan (_number of account /NoA_) pada awal 2022. Di akhir tahun 2022, Pos Indonesia mentargetkan pelanggan Pospay menjadi 5 juta NoA.


Pospay berkembang sangat baik atau melesat karena didukung tiga komponen utama.

 

"Pertama, _e-commerce_. Kedua, kurir membantu _e-commerce_ menjalankan fungsinya. Ketiga, layanan finansial untuk pembayaran. Dua di antaranya tersedia di Pos Indonesia, yaitu kurir dan pembayaran. Tinggal nanti kita gandeng _e-commerce_ yang lebih ke arah _social commerce_. Dengan begitu, Pospay akan menjadi _super app_ -nya Pos Indonesia," kata Direktur Bisnis Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia Charles Sitorus.


Tak hanya itu, Pospay pun unggul dari segi kemudahan, kecepatan, dan keamanan. Ketiga hal tersebut menjadi nilai lebih yang belum tentu dimiliki kompetitor.


"Pospay dirancang menjadi super apps agar pelanggan menikmati layanan yang mereka butuhkan," ujar Charles Sitorus.


Tujuan Pospay memberikan kemudahan, kecepatan, dan keamanan dirasakan betul oleh masyarakat. Salah satunya, Zulianto, warga Jambi.


"Sistem pembayaran lebih mudah menggunakan aplikasi Pospay. Sangat mempermudah, tidak perlu pakai tunai. Saya bisa bayar PDAM, tagihan listrik, dan lainnya," kata Zulianto.


Hal serupa pun dirasakan oleh Leni Zalmeni, pemilik warung Telago Biru di Jambi.


"Dengan adanya Pospay saya sangat terbantu sekali karena bisa bayar tagihan listrik, air, transfer uang bayaran sekolah, dan berbelanja. Pospay emang paling ngerti kamu," ucap Leni menirukan jargon Pospay.


Sistem pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Pospay dapat ditemui di banyak toko. Misalnya,  Gentala Cafe Roastery di Telanaipura, Jambi. Ketersediaan QRIS Pospay tentu mempermudah konsumen dalam bertransaksi.


"Pembayaran di sini menggunakan QRIS Pospay. Iya, dengan QRIS Pospay mempermudah pembayaran tanpa tunai. Selama ini tidak ada kesulitan dalam proses pembayaran pakai QRIS Pospay," tutur Cerliyanti, barista dan kasir Gentala.


Meski telah banyak digunakan masyarakat, Pos Indonesia masih terus mensosialisakan Pospay. Hal ini diakui oleh Kepala Kantor Pos Jambi Diasworo Nugroho A.S.


"Kita berusaha agar aplikasi Pospay kian memasyarakat, khususnya di Jambi. Mulai dari ibu-ibu, pedagang. Kita sosialisasikan Pospay melalui media sosial dan mengedukasi masyarakat secara langsung. Jadi lama-lama orang akan tahu dan terbiasa menggunakan Pospay," kata Diasworo.


Pospay merupakan _platform/channel_ digital berbasis rekening Giro Pos yang diberikan kepada pelanggan, sehingga dapat mengakses layanan transaksi keuangan maupun layanan Pos Indonesia lainnya secara mandiri melalui _smartphone_ dengan sistem operasi Android dan iOS.


Layanan Pospay memberikan kemudahan dan fasilitas layanan transaksi keuangan lengkap secara _mobile_ yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. 


Misalnya, pembayaran berbagai tagihan (telepon rumah, listrik pascabayar dan telepon seluler pascabayar), PDAM, cicilan motor, mobil, BPJS, pembelian pulsa, listrik prabayar/token, serta pembayaran zakat, infak, dan kurban. 


Selain itu, Pospay memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh aplikasi sejenis lainnya, yaitu kemampuan Pospay melakukan transfer uang tanpa rekening (weselpos).

 

Untuk dapat mengakses seluruh layanan Pospay, pelanggan hanya perlu mengunduh aplikasi Pospay melalui _Google Play_ atau _App Store_ dan registerasi mandiri melalui aplikasi Pospay.


Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama