Ganjar Lepas Parade Waisak dari Candi Mendut Menuju Borobudur

MAGELANG, suarapembaharuan.com – Ribuan orang memenuhi jalanan sepanjang Candi Mendut hingga Candi Borobudur di Magelang, Senin (16/5/2022). 


Ist

Dengan antuisias, mereka menantikan iring-iringan parade Waisak dalam rangkaian peringatan hari raya Waisak 2566 BE.


Sebanyak 1.200 peserta meramaikan Parade Waisak kali ini. Iring-iringan drum band, pasukan bendera, mobil hias, hingga pasukan festival lainnya, meramaikan acara itu.


Suasana semakin meriah saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, muncul di lokasi. Masyarakat, baik yang ikut pawai maupun nonton di pinggir jalan, langsung berhamburan mendekati Ganjar.


“Pak Ganjar, selamat datang pak. Terima kasih sudah hadir di acara kami. Pak minta foto dulu pak,” kata para peserta pawai.


Ada juga emak-emak yang ada di pinggir jalan, sampai penjual cenderamata khas Borobudur, yang tak kalah antusias. Mereka berdesakan untuk salaman atau swafoto.


Ganjar yang tiba di lokasi sekitar pukul 06.45 itu sempat berkeliling menyapa para peserta parade. Ia juga ngobrol dengan para pengurus Walubi serta para Bhiksu.


Rombongan Parade Waisak bergerak dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur setelah dilepas Gubernur Ganjar Pranowo dan Ketua Walubi Murdaya Widyawimarta Poo. Ganjar mengikuti prosesi jalan sebentar, kemudian melanjutkan kegiatannya gowes pagi di kawasan Borobudur.


“Setidaknya setelah dua tahun pandemi, sekarang masyarakat Buddha sudah bisa merayakan Waisak dengan meriah. Ya meskipun saat ini pesertanya masih dibatasi ya, tapi sudah ada 1.200-an tadi yang ikut. Saya melihat kegembiraan umat Buddha dan masyarakat pagi ini,” katanya.


Kegembiraan itu, lanjut Ganjar, karena sudah lama masyarakat menantikan adanya kegiatan semacam ini. Setelah pandemi berangsur membaik, ia harap kegiatan festival semacam ini bisa terus dikembangkan lebih meriah.


“Tentu saja masyarakat menyambut bahagia, karena kita semua rindu pada perayaan besar semacam ini. Ya mudah-mudahan semua lancar, karena perayaan Waisak ini kan prosesinya panjang, sampai puncaknya nanti malam,” ucapnya.


Secara pribadi dan mewakili masyarakat Jawa Tengah, Ganjar mengucapkan selamat hari raya Waisak untuk umat yang merayakan.


“Saya doakan semoga semua berbahagia,” pungkasnya.


Kategori : News

Editor     : AAS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama