Wagub Musa Rajekshah Dorong Prestasi Atlet Judo Sumut di PON 2024

MEDAN, suarapembaharuan.com - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meminta pengurus Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumut melakukan pembinaan terbaik kepada para atletnya, agar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang, cabang olahraga judo bisa menyumbangkan prestasi untuk Sumut.


Ist

"Kita jadi tuan rumah PON 2024, kami dari Pemerintah Provinsi Sumut berharap semua cabang-cabang olahraga ini membina atlet dari sekarang, karena tak bisa instan dalam pembinaan cabor untuk meraih prestasi," ujar Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah saat menerima audiensi Pengurus PJSI Sumut di Rumah Dinas Jabatan Wagub, Jalan Teuku Daud, Medan, Senin (30/5/2022).

 

Melalui pertemuan itu, Ijeck mengaku pengurus PJSI Sumut telah menyampaikan apa yang dibutuhkan dan  Pemprov Sumut siap membantu. "Pengurus PJSI Sumut telah menyampaikan apa yang menjadi hambatan. Baik dari sarana dan prasarana olahraga judo. Kami dari pemerintah akan membantu walaupun tidak bisa sepenuhnya karena kita banyak cabang olahraga lain dan keterbatasan anggaran. Ketua KONI Sumut Pak John (Lubis) tadi juga sudah menyampaikan," ujarnya.

 

Pada prinsipnya, lanjut pria yang juga menjabat Ketua Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Sumut ini, Pemprov Sumut mendukung seluruh cabang-cabang olahraga di Sumut, apalagi saat ini seluruh cabang olahraga akan bertarung di PON 2024 membawa nama Sumut yang menjadi tuan rumah. Ia pun berharap PJSI Sumut menggelar berbagai event yang bisa menjaring atlet-atlet potensial.

 

Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis ikut menambahkan, pihaknya sudah menetapkan skala prioritas untuk cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan di PON 2024. Termasuk rencana Pelatda di luar negeri. "Tapi memang karena keterbatasan anggaran tidak semua bisa berangkat. Kita harapkan judo bisa berprestasi di PON 2024," ujarnya.

 

Menanggapi hal ini, Ketua Umum PJSI Sumut Muhammad Arief Fadhillah berterima kasih atas dukungan dari Pemprov Sumut. Mereka siap menjawab tantangan berprestasi di PON 2024. Pada kesempatan itu mereka juga meminta kesediaan Wagub sebagai pembina.

 

"Kami berterima kasih diterima dengan baik oleh Bapak Wagub. Sudah dari bulan September kemarin kami melaksanakan Pelatda jangka panjang. Kita juga mengikuti berbagai kejuaraan, termasuk Kasad Cup lalu. Kita harapkan di tahun 2024 nanti kita menyumbangkan medali untuk Sumatra Utara," kata Arief.

 

Saat ini ada tujuh atlet yang mengikuti Pelatda jangka panjang. Mereka adalah Willy Pratama Ginting, Nanda Olivia Banurea, Helena Susyen, Jihan Syahkila Lubis, M Okky Wicaksono, Gusti Irawan Gowasa, dan Winner Felix Panggabean. Dua nama terakhir diikutkan berlatih di Pelatnas.

 

Arief mengaku pihaknya tengah berencana mengikuti kejuaraan-kejuaran yang ada, salah satunya Musi Open di Palembang. "Sebelumnya kami juga sudah mengikuti Kasad Cup. Dua atlet senior kita berprestasi dengan 2 perunggu. Sementara atlet junior meraih 1 emas, 2 perak dan 2 perunggu. Kami siap mengukir prestasi lagi di even berikutnya sebagai persiapan menghadapi PON 2024 mendatang," katanya.

 

Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama