Optimalkan Pelayanan, Pelindo Multi Terminal Bagendang Operasikan Dermaga Baru

JAKARTA, suarapembaharuan.com - PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), sebagai salah satu Sub-Holding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) terus berupaya meningkatkan kapasitas pelayanan operasionalnya. Peningkatan layanan tersebut yaitu di Terminal Bagendang melalui pengoperasian dermaga Multipurpose 03 (dermaga MTP-03). 


Ist

Pengoperasian dermaga ini ditandai dengan uji coba sandar dan kegiatan pemuatan komoditi curah kering pada hari Senin tanggal 13 Juni 2022 di Pelabuhan Bagendang, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. 


Acara tersebut dihadiri oleh Kepala KSOP Sampit, Regional Manager Pelayanan Kapal Sub Regional Kalimantan PT Pelindo (Persero), Branch Manager SPMT Bagendang, serta para Stakeholder terkait.


Dermaga MTP-03 di Pelabuhan Bagendang adalah fasilitas dermaga yang selesai dibangun pada tahun 2019, namun dalam pengoperasian masih membutuhkan pengerukan kolam dermaga untuk memenuhi kebutuhan pengguna jasa. 


Ist

Dermaga MTP-03 mulai dioperasikan pada tahun 2022 setelah dilakukan pengerukan dan diharapkan dapat mengurai kepadatan kapal di wilayah perairan Pelabuhan Bagendang dan Pelabuhan Sampit sehingga dapat meningkatkan kapasitas pelayanan operasional kepelabuhanan kepada para pengguna jasa.


Kepala KSOP Sampit, Agustinus Maun, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) serta PT Pelindo Multi Terminal sebagai pihak operator atas pengoperasian dermaga MTP-03 dimaksud.


“Saya berharap pengoperasian dermaga MTP-03 di terminal Pelabuhan Bagendang dapat mengurai kepadatan kapal di wilayah perairan Bagendang dan Sampit, serta menurunkan periode port stay kapal melalui peningkatan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa”, ujar Agustinus Maun.


Ist

Pengoperasian dermaga MTP-03 yang dihadiri oleh para Stakeholder terkait pelabuhan, ditandai dengan kegiatan uji coba sandar kapal MV. NAM SON 16 dan kegiatan muat curah kering yaitu komoditi bungkil/PKE sebanyak 2.200 MT. Kapal dengan LOA 80 meter berbendera Vietnam dan akan membawa kargo muatan dengan tujuan Pelabuhan Haipong di Vietnam.


Pada kesempatan yang sama, Branch Manager SPMT Bagendang, Akhmad Fajar, menyampaikan, pihaknya bersyikur pelaksanaan uji coba sandar kapal dan bongkar muat di dermaga MTP-03 Bagendang, untuk memenuhi kebutuhan pengguna jasa telah dilakukan maintanance dredging terhadap dermaga MTP-03.


"ermaga yang dioperasikan pada tahun 2022 ini diharapkan dapat menjadi alternatif penyandaran kapal untuk komoditi peti kemas, general cargo, curah kering ataupun curah air sehingga dapat mengurangi antrian kapal serta mengurai Port Stay dan Terminal Stay khususnya di Pelabuhan Bagendang, serta mendukung kegiatan logistik untuk meningkatkan perekonomian di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah”, tutup Akhmad Fajar.


Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama