Gandi Parapat : Saya Mohon Maaf Kepada Jemaat HKBP Pabrik Tenun

MEDAN, suarapembaharuan.com - Aktivis dan senioran Gerakan Angkutan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Drs Gandi Parapat meminta perhatian Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) agar segera turun tangan menyelesaikan persoalan yang ada di HKBP Pabrik Tenun, Medan.


Foto : Gandi Parapat bersama jemaat HKBP Pabrik Tenun (Ist).

Gandi menyebut, melihat perkembangan yang ada saat ini di HKBP Pabrik Tenun, Ephorus sebagai pimpinan tertinggi di HKBP harus segera turun tangan menyelesaikan masalah yang terjadi antara jemaat dan Pendeta Resort Pendeta Rumondang Sitorus.


"Masalah yang ada di HKBP Pabrik Tenun sebenarnya sederhana, tapi berlarut - larut sehingga melebar kemana - mana. Seharusnya jika Praeses Distrik X Medan Aceh dan Ephorus bersama menyelesaikan masalah tersebut tak perlu Polisi turun tangan menjaga gereja." kata Gandi kepada media, Selasa (5/7/ 2022).


Gandi menyatakan hal tersebut usai dirinya bertemu jemaat HKBP Pabrik Tenun. Gandi mengatakan, dirinya mendapat berbagai informasi baru mengenai masalah internal HKBP Pabrik Tenun.


"Saya juga meminta maaf kepada jemaat HKBP Pabrik Tenun atas pernyataan saya dibeberapa media massa terkait masalah di HKBP Pabrik Tenun. Tidak ada niat saya menyalahkan jemaat. Saya memahami situasi kebatinan jemaat HKBP Pabrik Tenun dan untuk itu saya memohon maaf kepada jemaat HKBP Pabrik Tenun." ujar Gandi.



Gandi menambahkan, ia berharap agar masalah internal HKBP Pabrik Tenun segera selesai usai bertemu dan meminta maaf kepada jemaat HKBP Pabrik Tenun. Dalam kesempatan tersebut Gandi mendengar apa yang dikeluhkan jemaat terhadap Pendeta Rumondang Sitorus. 


Gandi sebelumnya juga sudah bertemu dengan Pendeta Rumondang di rumah dinas pendeta HKBP Pabrik Tenun." Kesimpulan saya Ephorus HKBP segera mencari solusi agar situasi gereja damai." ujar Gandi. 


Gandi Parapat menambahkan, setelah ia bertemu dengan beberapa jemaat dan sintua HKBP Pabrik Tenun, ia menyimpulkan jika masalah yang terjadi harus ditangani langsung oleh Ephorus  HKBP, agar masalah segera berakhir dan jemaat serta sintua bisa beribadah dengan tenang, sejuk, hikmat, dan sesama jemaat bersuka cita beribadah. 


Karenanya,  tambah Gandi Parapat, ia berencana menemui Ephorus HKBP Pendeta Robinson Butarbutar di Pearaja Tarutung, meminta agar Ephorus turun tangan menyelesaikan masalah HKBP Pabrik Tenun. 


Gandi juga berharap agar aparat kepolisian bertindak netral dalam mengatasi persoalan yang ada di HKBP Pabrik Tenun, dan mengharapkan agar masalah di HKBP diselesaikan pimpinan HKBP.


"Sebagai aktivis GAMKI dan jemaat HKBP, saya berharap kepolisian hanya menjaga Kamtibmas dan menghindari masuk kedalam konflik  jemaat. Tidak ada masalah  yang tidak bisa diselesaikan jika kita sama-sama kepala dingin." ujar Gandi.


Kepada Pendeta Rumondang Sitorus, Gandi berharap agar menyayangi jemaat dan menyayangi HKBP. "Berbuatlah yang terbaik demi keutuhan HKBP. Tahun ini Tahun Kesehatian", tutup Gandi.


Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama