Keluarga Besar UISU Gelar Gebyar Muharam 1444 Hijriyah

MEDAN, suarapembaharuan.com - Dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam, Keluarga Besar Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menggelar Gebyar Muharam 1444 Hijriyah, yang dimulai Rabu (3/8/2022) di Auditorium Kampus UISU.



Gelaran kegiatan Gebyar Muharam 1444 H ini diawali dengan Kuliah Umum yang mengangkat tema "Dengan Semangat Tahun Baru Islam 1444 H Bersama Mewujudkan Internasionalisasi Institusi Menuju UISU Unggul" yang disampaikan Prof. Dr. H. Maimun Aqsha Lubis bin Abdin Lubis, Ph.D, Ed.D, M.Ed, dari Pusat Pembentukan Pendidikan Lanjutan dan Profesional Universiti Kebangsaan Malaysia.


"Selain itu dilakukan berbagai kegiatan lainnya seperti pengabdian masyarakat yang bekerjasama dengan RS Mata Sabang Merauke Eye Centre (SMEC) kepada 200 orang masyarakat sekitar untuk melakukan pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat dan pemeriksaan mata," jelas Ketua Bidang Dakwah Pengurus Yayasan UISU selaku Ketua Panitia Gebyar Muharam 1444 Hijriyah, H. Ikrom Helmi Nasution, SH, yg  didampingi Sekretaris Panitia Zein Zukhri S.Pd kepada wartawan, Minggu (31/7).


Ditambahkan H. Ikrom Helmi, selain kegiatan yang bertemakan pendidikan umum dan kesehatan, Gebyar Muharam 1444 H ini juga diisi khataman dan tahsin Alquran yang rencananya dilaksanakan Sabtu (6/8/2022) di Mesjid Jamik Al Munawarah Kampus UISU. 


Sebanyak 75 orang dari unsur Yayasan dan Akademik yang tergabung dalam grup Tahsin Qur'an Keluarga Besar UISU akan mengisi kegiatan ini sejak pagi hari hingga masuk waktu Shalat Zuhur. 


Pelaksanaan kegiatan ini bekerjasama dengan Pesantren Tahfidz Maskanul Huffadz. Dalam khataman dan tahsin Qur'an ini sendiri mereka akan mengutamakan sisi tajwid nya," terang H. Ikrom Helmi Nasution.


"Grup ini sendiri sudah terbentuk sejak 3 bulan lalu, tepatnya 17 Mei 2022 dan sampai 31 Juli 2022 telah melaksanakan 10 kali khataman. 


Selain itu, dijelaskan Ketua dan Sekretaris Panitia Gebyar Muharam 1444 H Keluarga Besar UISU ini, kegiatan khataman dan tahsin Qur'an ini sendiri dijadwalkan dilaksanakan rutin per 3 bulan sekali dan diharapkan terus berkembang dan menyasar ke kalangan Alumni, Tenaga Kependidikan dan mahasiswa UISU.


Terakhir, H. Ikrom Helmi Nasution menjabarkan, selain kuliah umum, pengabdian masyarakat dan khataman serta tahsin Qur'an, kegiatan ini juga akan dirangkai dengan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) di pekan kedua Bulan Muharam 1444 H. Para peserta sendiri khusus untuk pelajar dan mahasiswa se-Kota Medan.


"Juga disediakan beasiswa bagi pelajar yang Tahfiz Qur'an 30 Juz," tutup Helmi.


Sementara itu, Ketua Umum Yayasan UISU, Prof. Ismet Danial Nasution drg. PhD, Sp.Pros(K), FICD, memberikan apresiasi tinggi terhadap gelaran Gebyar Muharam 1444 Hijriah Keluarga Besar UISU ini. Menurutnya dengan berbagai kegiatan yang mengangkat tema syiar Islam, merupakan salah satu implementasi Dakwah Islamiyah yang dilakukan oleh UISU sesuai niat dan cita-cita pendiri UISU. 


"Mengangkat tema kemajuan UISU yang dirangkai dengan Syiar Islam, jelas akan membangkitkan kecintaan akan Islam dan UISU yang kita cintai ini," pungkasnya didampingi Sekretari Umum Yayasan UISU, Ir. Indra Gunawan MP. 


Kategori : News

Editor     : PAS


Lebih baru Lebih lama