Putin Sambut Hangat Kunjungan Jokowi, Ingin Perkuat Hubungan Kemitraan

MOSKOW, suarapembaharuan.com - Presiden Rusia Vladimir Putin menyambut hangat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Kamis kemarin. Orang nomor satu Rusia itu pun terbuka membahas negara yang dipimpin, termasuk hubungan dengan Indonesia.



Putin  menyebut hubungan negaranya dengan Indonesia sudah terjalin sejak lama, saling menguntungkan, konstruktif atas dasar tradisi persahabatan, saat menerima kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kremlin, Kamis.


Dalam keterangan pers bersama usai dialog, Presiden Putin menyebut Rusia menyambut hangat kunjungan Presiden Jokowi di Kremlin, menandai untuk pertama kalinya Presiden berkunjung ke Moskow.


Presiden Putin dalam kesempatan tersebut menekankan, Indonesia adalah salah satu mitra utama Rusia di kawasan Asia-Pasifik. Hubungan Rusia-Indonesia bersifat konstruktif dan saling menguntungkan.


Dikatakannya, hubungan Indonesia dan Rusia berkembang dengan mantap atas dasar tradisi persahabatan, serta bantuan timbal balik yang telah berlangsung lama.


"Izinkan saya mengingatkan, negara kita (Rusia - dulu Uni Soviet) membantu pembentukan kenegaraan Indonesia, memperkuat posisi republik muda di kancah internasional," ungkap Presiden Putin melansir situs Kremlin.ru, Jumat 1 Juli 2022.


"Dengan partisipasi spesialis kami dan insinyur, pembangun, objek besar transportasi dan infrastruktur industri, stadion, rumah sakit, dan lembaga penting lainnya dibangun di Indonesia, banyak di antaranya terus bekerja hingga hari ini," sambung Presiden Putin.


Lebih jauh Presiden Putin mengatakan, selama pembicaraan, tentu saja beberapa masalah regional dan internasional yang paling mendesak lainnya juga disinggung.


"Saya memberi tahu Presiden secara rinci tentang situasi yang berkembang di arah Ukraina," tukas Presiden Putin.


Presiden Putin mengapresiasi kunjungan dan diskusi kedua pemimpin yang dinilainya berlangsung produktif. Ia yakin, kesepakatan yang dicapai dari pertemuan tersebut akan semakin memperkuat kemitraan Rusia - Indonesia.


Diketahui, Presiden Jokowi tiba di Rusia, Kamis, 30 Juni 2022 dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang mendarat di Bandara Vnukovo II sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Selang sehari sebelumnya, Jokowi baru saja bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv.


Kategori : News

Editor     : YZS


Lebih baru Lebih lama