Setukpa Lemdiklat Polri Gelar Ceramah Kamtibmas ke Sekolah dan Pesantren

SUKABUMI, suarapembaharuan.com, Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lemdiklat Polri menggelar ceramah kamtibmas secara serentak ke sekolah - sekolah, madrasah, pesantren dan yayasan pendidikan di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi yang dilaksanakan oleh siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Angkatan 51 tahun 2022 Resimen Satya Intar Adinata Pratapa (51AP).


Ist

Kegiatan ceramah kamtibmas ini dilaksanakan selama sepekan pada minggu ke 21 proses pendidikan dan latihan (25/07/2022 – 29/07/2022) yang merupakan aplikasi dari mata pelajaran manajemen fungsi teknis Bimas.


Sebanyak 57 lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta dari mulai tingkat SMP sederajat, SMA sederajat dan pesantren di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi, menerima kunjungan siswa SIP Angkatan 51 tahun 2022 dalam rangka ceramah kamtibmas, adapun materi yang disampaikan oleh siswa SIP Angkatan 51 yaitu tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, kenakalan remaja dan pentingnya tertib berlalu lintas.  


Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K., M,Hum mengatakan kegiatan ceramah kamtibmas ini bertujuan selain melaksanakan praktek lapangan dari mata pelajaran manajemen fungsi teknis Bimas, juga sebagai sarana latihan siswa SIP dalam rangka pengabdian kepada masyarakat utamanya dalam bidang pembinaan potensi masyarakat guna mencegah terjadinya tindakan pelanggaran hukum sejak dini.


Mardiaz menambahkan kegiatan ceramah kamtibmas siswa SIP angkatan 51 ini juga merupakan salah satu program unggulan Setukpa Lemdiklat Polri dalam rangka mewujudkan program prioritas Lemdiklat Polri menuju kampus Presisi, dimana Setukpa sebagai kampus Polri, tempat produksi alat utama Polri  yang menjadi tumpuan keberhasilan masa depan Polri dalam mempersiapan SDM Polri yang unggul.


Dalam kurikulum pendidikan Setukpa saat ini lebih banyak mengutamakan aplikasi pengabdian kepada masyarakat dengan terjun langsung bersentuhan dengan objek, sehingga para siswa lulusan SIP nantinya akan lebih terbiasa dan tidak ragu lagi dalam mengaplikasikan terobosan terobosan pada proses pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat di wilayah tugasnya. 


Selain daripada itu, kegiatan ceramah kamtibmas ini juga diharapkan dapat memperkuat marwah Sukabumi sebagai Kota Polisi, berbaurnya para siswa SIP dengan para pelajar dalam jumlah yang banyak yang memperlihatkan suasana kedekatan Polri dengan masyarakat dalam hal ini para pelajar, pungkas  Mardiaz.


Hal ini senada dengan pernyataan Walikota Sukabumi H. Achmad Fahmi pada saat meresmikan Sukabumi Sebagai Kota Polisi,  "bahwa keberadaan Kota Sukabumi tidak bisa lepas dari keberadaan Setukpa Lemdiklat Polri baik secara historis maupun dari aspek sudut pandang lain". 


hal ini terbukti dengan kegiatan ceramah Kamtibmas yang dilaksanakan oleh Siswa SIP angkatan 51 secara serentak di 57 sekolah dalam satu minggu yang dapat memperlihatkan betapa pentingnya keberadaan Setukpa ditengah masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi.


Kegiatan ceramah Kamtibmas ini mendapat apresiasi positif hal ini terlihat dari antusiasme seluruh sekolah yang mendapat kunjungan siswa SIP yang menyambut baik pelaksanaan kegiatan ceramah Kamtibmas yang dilaksanakan oleh siswa SIP Angkatan ke 51 tahun 2022. 


Sebagaimana yang disampaikan oleh beberapa kepala sekolah salah satunya Hema Hujaemah, M.M.Pd Kepala Sekolah SMP N 11 Kota Sukabumi “Kegiatan ini sangat tepat, sangat luar biasa, bertepatan dengan dimulainya tahun ajaran baru di sekolah sekolah, kami sangat berharap kegiatan ini berkesinambungan, sehingga dapat memberikan pemahaman positif para siswa disekolah agar terhindar dari perbuatan melanggar hukum terutama dalam penyalahgunaan narkoba dan tawuran antar pelajar, kegiatan ini juga menjadi inspirasi positif bagi para guru dan siswa untuk meningkatkan motivasi belajar dan disiplin disekolah kami”.


Diakhir kegiatan ceramah kamtibmas, siswa SIP Angkatan 51 Resimen Satya Intar Adinata Pratapa memberikan cinderamata kepada setiap sekolah yang menjadi objek pelaksanaan kegiatan berupa peralatan olah raga, alat penunjang pemeliharaan kebersihan sekolah dan perlengkapan keselamatan berlalulintas berupa helm.


Kegiatan ceramah kamtibmas ini juga dilaksanakan oleh para siswa SIP Angkatan 51 yang melaksanakan pendidikan di Pusdik Binmas, Pusdik Polair, Pusdik Min dan Pusdik Intel secara serentak di wilayah tempat pendidikannya masing masing.


Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama