Tjahjo Kumolo Berpulang, Ketua Marak: Beliau Politisi Sejati Panutan Negeri

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Kepergian Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, menghadap Sang Pencipta, menyisakan banyak kenangan indah bagi kolega maupun sahabat - sahabat terdekat dari politisi PDIP tersebut.


Menpan RB Tjahjo Kumolo semasa hidup (Ist)

Tanpa terkecuali Agus Yohanes, Ketua Masyarakat Anti Korupsi (Marak), salah satu sohib terdekat Tjahjo Kumolo, semasa hidupnya. Tjahjo Kumolo dikenal sebagai petinggi negara yang bersahaja, humble, dan tak pernah melupakan teman.


"Mas Tjahjo semasa hidupnya sangat baik, rendah hati dan selalu mendengarkan setiap orang yang mengajaknya berdiskusi. Beliau terbuka dengan semua kalangan, dan termasuk politisi lintas generasi," ujar Agus Yohanes, Sabtu (2/7/2022).


Agus mengaku mengenal Tjahjo Kumolo saat sama - sama menjadi anak kolong. Ketika mudanya, Tjahjo Kumolo sudah aktif berorganisasi. Namun, saat mudanya dulu, Tjahjo Kumolo belum terjun ke dunia politik. Tjahjo dikenal sebagai orang yang militan.


Menurut Agus, Tjahjo Kumolo merupakan politisi sejati yang sudah banyak berbuat untuk negeri ini. Ia juga menjadi tokoh panutan lintas generasi karena tidak pernah merendahkan orang lain, apalagi sampai mengeluarkan kata - kata yang menyakiti. 


"Beliaulah politisi yang selalu mengajarkan semua orang dengan semboyan bahasa "Berpolitiklah dengan mengedepankan etika dan moralitas". Tjahjo Kumolo berbeda dengan politisi lain di negeri ini," ungkap Agus Yohanes.


Agus menambahkan, Tjahjo Kumolo semasa hidupnya masih tetap menjadi sosok tokoh yanh rendah hati. Meski sudah diangkat Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjabat sebagai menteri, dia tak pernah menganggap dirinya sebagai orang hebat.


"Almarhum semasa hidupnya tetap bersahaja. Ia tetap menjalin komunikasi dengan rekan - rekannya aktivis maupun lainnya. Saat bertemu dan komunikasi, dia tak pernah mau dianggap sebagai seorang pejabat negara. Mas Tjahjo memang luar biasa," ungkapnya.


Bagi Agus Yohanes, Tjahjo Kumolo memiliki kecerdasan emosi serta spiritualitas yang sangat tinggi. Hal ini terlihat saat PDI Perjuangan di luar pemerintahan, kebetulan Tjahjo Sekjen Partai sekaligus Ketua Fraksi di DPR. 


Sungguh ketenangan dan kematangan berpolitik Tjahjo sangat terlihat saat dalam mengambil keputusan-keputusan penting. Beliau selalu tenang meski lawan politik terkadang sengaja memancing emosinya. Ia tetap menghadapinya dengan senyuman.


"Mas Tjahjo ini juga pejabat negara yang selalu dapat diandalkan dalam menjalankan program-program perbaikan dan reformasi di pemerintahan. Banyak perubahan yang dilakukannya saat menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri maupun sebagai Menteri Penertiban Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Saat ini, Beliau sudah pergi menghadap Sang Pencipta. Beliau berpulang di puncak pengabdian," pungkasnya.


Kategori : News

Editor     : AHS


Lebih baru Lebih lama