Pernyataan Kepala Dinas Pendidikan Samosir Dikecam

SAMOSIR, suarapembaharuan.com - Pernyataan Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Samosir, Jonson Gultom di sebuah media online yang mengatakan peningkatan mutu dan kualitas guru (tenaga pendidik) di Kabupaten Samosir tidak diperlukan akhirnya mendapatkan kecaman dari mantan Anggota DPRD Provinsi Sumatra Utara, Oloan Simbolon.


Foto: Oloan Simbolon (medanbisnisdaily.com)


"Guru itu disertifikasi untuk memenuhi standarisasi mutu pendidik supaya menghasilkan kwalitas siswa sesuai standart. Karena diharapkan bahwa guru yang telah tersertifikasi itu telah memenuhi standar  bagaimana menghasilkan siswa atau anak didik yang bermutu. Dan guru yang telah memenuhi standar itu dibuktikan dengan sertifikat dan diberikan tambahan penghasilan bukan penibnkatan penghasilan tujuan utama ," kata Oloan kepada SP, Selasa (30/8/2022).


Ia menjelaskan pernyataan Jonson yang menyatakan peningkatan mutu dan kualitas guru (tenaga pendidik) di Kabupaten Samosir tidak diperlukan jelas  menunjukkan kwalitasnya, sehingga Oloan menilai Kepala Dinas Kabupaten Samosir saat ini merupakan pejabat asal jadi yang mungkin dulu dianya mendapatkan ijazah Aspal (asli tapi Palsu). 


"Kurasa kepala dinas pendidikan di Samosir saat ini merupakan PNS yang dulu waktu mendapatkan ijazah itu bukan dengan mengikuti kuliah maka tidak mengerti mutu dan kwalitas dan tidak merasakan bagaimana perbedaan guru dan dosen yang bermutu dan kurang bermutu ketika di ruang kelas," tambah Oloan.


Maka Oloan berharap pemerintah wajib untuk terus meningkatkan kwalitas pendidik/guru, bukan semata-mata soal peningkatan penghasilan tambahan, tetapi lebih dari itu adalah bagaimana  para guru dapat memenuhi standar kwalifikasi sebagai pendidik untuk menghasilkan siswa atau lulusan yang bermutu.


Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir, Jonson Gultom mengatakan tidak perlu didorong peningkatan kualitas tenaga pendidik. Itu haknya masing-masing guru. Kalau mau dapat uang tambahan penghasilan, ya.. silahkan sertifikasi. (fra)


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama