Putri Habibie Luncurkan Pangan Lokal Nugget Ikan Ciroyom

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Pengiat memasak sekaligus penulis buku resep masakan, Putri Habibie meluncurkan Nugget Ikan Ciroyom, produk kreasi Kelompok Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Desa Ciroyom, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Nugget Ikan Ciroyom dipasarkan melalui jaringan e-commerce lokal, mulai hari ini. 



Produk nugget ini dibuat dari campuran ikan patin segar dan sayuran, yang masing-masing berasal dari tangkapan nelayan dan panen petani lokal. Nugget Ikan Ciroyom, yang tidak mengandung bahan pengawet dan MSG, dibuat oleh kelompok ibu PKK Desa Ciroyom, Kecamatan Cipeundeuy, Jawa Barat, di bawah pembinaan Yayasan Berdaya Putri Habibie milik Putri Habibie. 


Produksi dan pemasarannya merupakan bagian dari fase kedua “Pangan Lokal Bergizi” (PLB), program utama yang diusung Yayasan Berdaya Putri Habibie. Fase kedua ini berjalan menyusul fase pertama, yang berupa penyuluhan gizi dan kelas praktik memasak berbahan dasar hasil budidaya ikan lokal, yang digelar pada Januari 2022. 


“Walau sudah hampir tujuh bulan berlalu, namun semangat para ibu di Desa Ciroyom masih tetap membara. Selama rentang waktu itu, mereka giat mempraktikkan ilmu gizi dan memasak yang sudah didapat, di rumah masing-masing. Setelah melewati tahap pengembangan dan uji coba resep, Nugget Ikan Ciroyom akhirnya sudah bisa dipasarkan mulai hari ini,” ucap Putri dalam keterangannya Minggu (21/8/2022). 


Senada dengan peran sentral ikan patin sebagai komoditas utama Desa Ciroyom, peluncuran ini pun dilakukan bertepatan dengan perayaan hari lahir Desa Ciroyom, Cirata, Bandung Barat. Tidak hanya itu, peluncuran Nugget Ikan Ciroyom di marketplace lokal juga berlangsung dalam rangka Hari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Nasional, yang jatuh pada 12 Agustus 2022. 


Adapun, pembinaan yang dilakukan oleh Yayasan Berdaya Putri Habibie mulai dari pengembangan resep, perhitungan modal dan proyeksi usaha, strategi pemasaran, pengadaan alat memasak, hingga asistensi keperluan desain dan materi promosi produk. Kreasi olahan ikan patin ini diharapkan dapat menjadi produk oleh-oleh khas Desa Ciroyom dan mendorong kemajuan pelaku UMKM lokal. 


Serupa dengan kegiatan “Pangan Lokal Bergizi” fase pertama, kelancaran pelaksanaan program Yayasan Berdaya Putri Habibie terjadi berkat dukungan penuh dari Kepala Desa Ciroyom, H Wawan Suwandi. 


Komunikasi erat terjalin antara Yayasan Berdaya Putri Habibie dan Wawan, serta ibu-ibu dari Kelompok PKK Desa Ciroyom selaku pelaku usaha. Seluruh pihak bersama-sama membangun strategi untuk memasarkan produk Nugget Ikan Ciroyom sebagai oleh-oleh khas Ciroyom. 


“Ikan patin adalah ikan yang sangat mudah ditangkap di Desa Ciroyom. Saya berharap keberadaan Nugget Ikan Ciroyom ini dapat membantu perekonomian warga dan komunitas kami, juga menempatkan Ciroyom di peta nasional untuk spesialisasi oleh-oleh berbahan ikan patin,” ucap Wawan. 


Ikan patin (Pangasius Sp) adalah jenis ikan yang memiliki kandungan gizi tinggi dan mudah diperoleh masyarakat di Desa Ciroyom. Berdasarkan Tabel Komposisi Pangan Indonesia (2017) yang disusun Kementerian Kesehatan, nilai gizi ikan patin (per 100 gram bahan dapat dimakan) mencakup 132 kalori, 17 gram protein, 6,6 gram lemak, dan 1,1 gram karbohidrat. 


Ikan patin juga mengandung komponen zat gizi mikro berupa kalium, kalsium, fosfor, zat besi, dan beta karoten yang mempunyai peran dan memberikan manfaatnya masing-masing untuk kesehatan tubuh. 


Dengan membuat kreasi makanan dari bahan dasar ikan patin, Putri ingin memberi inspirasi bahwa nutrisi yang baik dapat diperoleh dengan bahan pangan lokal dan murah. Sehingga, upaya pemenuhan gizi seimbang sehari-hari dapat dilakukan dengan mudah dan anggota keluarga memperoleh manfaat yang baik dari bahan-bahan makanan yang diproses. 


Setelah produk Nugget Ikan Ciroyom dipasarkan, Kelompok Ibu PKK Desa Ciroyom akan mulai mengembangkan produk olahan ikan patin lainnya guna menambah daftar oleh-oleh khas Ciroyom, misalnya kerupuk tulang ikan dan bakso ikan. 


Yayasan Berdaya Putri Habibie akan tetap membina penduduk Desa Ciroyom, khususnya di bidang pemasaran dan pengembangan produk. Ke depannya, program Pangan Lokal Bergizi akan diselenggarakan di berbagai termasuk daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi.


Produk Nugget Ikan Ciroyom dapat dibeli melalui marketplace lokal, yakni Tokopedia juga Shopee di 'PLB Food Ciroyom' dan instagram di @PLBFood.Ciroyom. Selain itu, untuk mempermudah pembelian, Nugget Ikan Ciroyom dapat diperoleh melalui program reseller dan dropshipper yang akan diumumkan lebih lanjut.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama