KTT G20, Sandiaga: UMKM Agen Transformasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Tourism Working Group (TWG) merupakan salah satu working group dari Presidensi Indonesia pada KTT G20 2022 yang akan menjadi ruang untuk bertukar gagasan, hingga best practice yang dilakukan oleh negara-negara G20 serta negara tamu dan lembaga internasional.



Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan hal itu melalui keterangannya, Jumat (23/9/2022).


Pada TWG ke-2, isu utama yang akan dibahas adalah penguatan komunitas dan UMKM sebagai agen transformasi pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga pemulihan ekonomi harus berpusat pada masyarakat dan diharapkan mampu berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.


"Untuk itu, bersama negara-negara anggota G20, kita perlu merancang sebuah best practice bagaimana kita dapat memperkuat sektor parekraf dari sisi komunitas dan juga UMKM agar mampu menjadi agent of change atau local champion dalam mendorong pemulihan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja yang lebih luas,” kata Menparekraf Sandiaga.


Adapun peserta yang hadir dalam The 2nd TWG baik secara daring maupun luring berjumlah 71 peserta. Meliputi negara anggota G20 yaitu India, Italia, Australia, Kanada, Uni Eropa, Jepang, Republik Korea, Belanda, Inggris, Amerika Serikat, Arab Saudi, Afrika Selatan, Argentina, Meksiko, dan Turki.


Hadir pula negara tamu yang berasal dari Singapura, Spanyol, UAE, dan Fiji. Kemudian organisasi internasional yang hadir di antaranya World Tourism Organization (UNWTO), International Labour Organization (ILO), World Travel and Tourism Council (WTTC), Asian Development Bank (ADB), dan Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD).


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama