Hipmi Terus Selidiki Penyebab Kericuhan Munas Solo

SOLO, suarapembaharuan.com – Panitia Musyawarah Nasional (Munas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) hingga saat ini masih mencari penyebab timbulnya kericuhan saat Munas XVII berlangsung di Hotel Alila, Solo pada Senin (21/11/2022) malam.



Anggota Organisasi Steering Comitte (SC), Hermen Saputra membenarkan terjadinya kejadian ricuh tersebut. “Memang terjadi kericuhan antara sesama peserta Munas, tapi kejadian itu di luar,” kata Hermen dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (22/11/2022).


Hingga kini, pihak panitia Munas Hipmi masih terus menyelidiki kejadian tersebut. Namun berdasarkan keterangan panitia, lanjut Hermen, kericuhan dipicu adanya selisih pendapat antara sesama peserta Munas Hipmi terkait permintaan untuk melanjutkan persidangan. Perbedaan selisih pandang tersebut diduga berujung dengan kericuhan dan adu jotos di antara ratusan peserta Munas Hipmi seperti terlihat dalam video yang beredar.


“Kami masih berusaha mencari tahu penyebab sebenarnya dari kejadian itu,” ujar Hermen.


Meski ia tidak menyaksikan langsung kejadian tersebut, Hermen memastikan kericuhan yang disertai adu jotos antar peserta Munas tersebut, terjadi di luar ruang sidang pleno. Berdasarkan video yang beredar, ditengarai Ketua Tim Pemenangan Caketum Akbar Himawan Buchari (AHB), Muhammad Aaron Annar Sampetoding disebut-sebut sebagai penyebab kericuhan Munas Hipmi. 


Aaron tampak jelas terlibat adu jotos dengan sejumlah peserta Munas Hipmi yang lain. Hermen juga mengaku  mengenali sejumlah orang yang terlibat dalam kericuhan tersebut. Salah satunya, Ketua BPD Hipmi dari Gorontalo yang bernama Ciko.


"Saya juga lihat dari video ya, itu teman saya juga ada Ciko dari Gorontalo," ungkap Hermen.


Kendati demikian, sekali lagi, Hermen menegaskan sampai saat ini kericuhan tersebut belum diketahui penyebab pastinya. Namun ia meyakini hal itu hanya soal perdebatan yang biasa terjadi.


"Saya juga enggak tahu penyebabnya, karena berada di luar arena sidang. Tapi ya itu bagi saya perdebatan biasa. (Buktinya) tidak ada yang luka," jelas Hermen.


Seperti diketahui Munas HIPMI XVII telah dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi pada Senin (21/11/2022). Dalam Munas tersebut terdapat tiga nama calon yang bakal bersaing untuk memperebutkan kursi Ketua Umum BPP Hipmi. 


Seusai dibuka Presiden Jokowi, beredar video peserta Munas Himpi saling adu jotos di media sosial. Namun, belum diketahui penyebab terjadinya kericuhan di acara Munas ke-17 Hipmi tersebut. 


Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @ulinyusron pada Selasa (22/11/2022), terlihat ada sejumlah peserta Munas laki-laki yang saling adu pukul hingga keroyokan. Bahkan, tampak juga ada pria yang membawa sebuah benda untuk memukul peserta lainnya.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama