Lemkapi Minta Hakim Cermat dalam Vonis Sidang Obstruction of Justice Sambo

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Lembaga Kajian Kepolisian (Lemkapi) Edi Hasibuan meminta hakim melihat fakta "perintah Sambo" dalam memberikan vonis kasus obstruction of justice atau menghalang-halangi penyidikan kasus kematian Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. 


Edi Hasibuan. Ist

Peran tersangka obstruction of justice yang saat ini di sidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yakni Brigjen Hendra Kurniawan, Kombes Agus Nurpatria, AKBP Arif Rachman Arifin, Kompol Baiquni Wibowo, Kompol Chuck Putranto, dan AKP Irfan Widyanto.


"Kalo kita lihat fakta di persidangan dalam kasus obstruction of justice atau menghalang-halangi penyidikan tewasnya Brigadir J yakni perintah Sambo. Ini menjadi pertimbangan hakim nantinya dalam memberikan vonis," papar Edi dalam keterangannya, Minggu, (20/11/2022). 


Dalam persidangan selama dua pekan terakhir ini, Edi melihat, perintah untuk membuat skenario hingga menghilangkan barang bukti itu berjenjang mulai dari Sambo si pembuat rekayasa yang notabene perwira tinggi, perwira menengah, perwira. 


"Dari alibi-alibi di persidangan kemarin, nanti hakim akan menilai mana alibi yang memberatkan atau sengaja atau alibi tidak  tahu sama sekali," paparnya. 


Hal lainnya, kata Edi, prestasi para tersangka selama menjabat di kepolisian juga akan menjadi pertibangan hakim. Seperti AKP Irfan Widyanto peraih polisi terbaik atau Adhi Makayasa tahun 2010. 


"Tidak hanya Irfan, nanti akan dilihat perjalanan para tersangka selama menjadi anggota kepolisia dan tidak hanya itu, selama persidangan apakah kooperatif, sebagainya jadi bahan pertimbangan keputusan," paparnya.


Edi menambahkan, perkara obstruction of justice dalam kasus meninggalnya Brigadir J merupakan salah satu kasus yang menjadi perhatian publik. Sehingga mulai dari penyelidikan, penyidikan, tuntutan, hingga vonis nantinya akan menjadi acuan kasus-kasus serupa berikutnya.


"Jadi berjalannya kasus ini jadi role model yang akan dipakai atau jadi referensi di masyarakat. Harapan saya, hakim penegak keadilan difase terakhir dalam memutus suatu kasus sebisa mungkin profesional," tambah Edi.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama