PSI Kritik Keras Ade Armando: Jangan Pecah Belah Bangsa dengan Politik Identitas!

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta Michael Victor Sianipar mengkritik keras akademisi dan pegiat media sosial Ade Armando yang menyampaikan narasi pecah belah dan berbau SARA. 


Ilustrasi

Narasi ini disampaikan Ade Armando melalui channel Youtube dengan judul 'Ade Armando: Bisa Suara Umat Kristen Terbelah, Anies akan Menang'.


Menurut Michael, pernyataan Ade Armando tersebut justru menyulut perpecahan antar umat beragama di Indonesia, bahwa seolah umat beragama tertentu harus bersikap sama terkait suatu pilihan politik dalam pemilihan presiden.


“Saya sangat menyayangkan narasi pecah belah ini. Sebagai seorang nasionalis dan seorang Kristen, saya merasa apa yang disampaikan Ade Armando berpotensi menyulut perpecahan antar umat beragama,” ujar Michael di Jakarta, Sabtu (5/11/2022).


Michael meyakini setiap warga negara punya hak untuk menentukan pilihannya sendiri. Narasi yang seolah menggiring kelompok agama tertentu ke arah politik tertentu seperti yang disampaikan Ade Armando, justru membuat situasi politik menjadi panas dan menumbuhkan rasa tidak percaya antara unsur masyarakat.


“Pilpres masih jauh, tolong jangan bangsa ini sengaja disulut agar panas dan meruncing dari sekarang. Ada orang-orang yang merasa dirinya paling nasional di republik ini, tapi malah merekalah yang sering menggunakan narasi perpecahan dan politik identitas," tandas dia.


"Tolong introspeksi diri, dan jangan menebar narasi kebencian dan mengakibatkan perpecahan bangsa yang berkepanjangan,” imbuh dia menambahkan.


Kepada Ade Armando, Michael berharap agar pernyataan yang sudah ramai beredar itu bisa diralat dan tidak berulang lagi.


“Saya kenal Bang Ade sudah lama, saya sayangkan pernyataan Beliau. Saya harap Bang Ade bisa mengakui dan meralat, dan agar ke depan tidak lagi mengeluarkan pernyataan yang tidak sensitif seperti ini,” tutur Michael.


Michael meminta para elit untuk berkomitmen menjaga persatuan. Menurut dia, pilihan politik yang berbeda tidak boleh dibesar-besarkan menjadi pemisah dalam kehidupan bermasyarakat. Para opinion leader dan elit politik perlu lebih bijak menyampaikan pendapatnya agar tidak menyulut masyarakat.


“Kalau benar kita sama-sama sayang bangsa ini, jangan kita pancing perpecahan dengan kalimat-kalimat yang mudah disalah artikan. Banyak orang yang melihat perkataan dan perbuatan kita, apalagi kita yang sering menjadi influencer di media dan ranah publik. Kita harus bisa menjadi contoh yang baik dan bijak berbicara,” pungkas Michael.


Dalam video Youtube yang beredar, pegiat media sosial dan akademisi Ade Armando menyatakan bahwa suara pemilih Kristen akan menjadi penentu utama hasil pemilihan presiden dan kemungkinan Anies Baswedan terpilih jadi presiden.


“Kalau umat Kristen kompak, Anies akan gagal. Sekarang semua bergantung pada umat Kristen. Kekompakan pemilih Kristen akan menentukan apakah pada akhirnya Indonesia akan dipimpin Anies atau Ganjar,” kata Ade Armando di video CokroTV yang sudah ditonton 115 ribu kali di Youtube.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama