Indonesia Hadapi Ancaman Besar Akibat Pembuangan Sampah di Laut

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Indonesia menghadapi ancaman besar dari pembuangan sampah di laut, karena peningkatan pesat kemasan sekali pakai dan sistem pengelolaan sampah yang tidak efektif yang tidak terkendali selama bertahun-tahun.



Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup, Indonesia yang memiliki negara kepulauan terbesar di dunia, menghasilkan sekitar 42 juta ton sampah kota dan 7,8 juta ton sampah plastik. Sekitar 4,9 juta ton sampah terus-menerus salah kelola; tidak dikumpulkan, dibuang dengan tidak semestinya, atau bocor dari tempat pembuangan sampah formal.


Pengelolaan sampah plastik yang lebih baik di darat untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang masuk ke lautan, telah dianggap sebagai salah satu solusi untuk mengatasi masalah apa yang harus dilakukan dengan jumlah sampah plastik yang melimpah.


Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan sejumlah peraturan untuk menangani masalah sampah laut. Termasuk dikeluarkannya Perpres no. 81/2018 tentang Penanganan Sampah Laut dan Rencana Aksi Nasional Sampah Laut, yang bertujuan untuk mengurangi 70 persen sampah plastik laut pada tahun 2025.


Namun, banyak laporan yang secara konsisten menunjukkan bahwa masalah sampah laut di Indonesia tidak mungkin diselesaikan dalam waktu dekat.


Salah satu cara untuk menghadapi tantangan tersebut, yang telah digaungkan berulang kali oleh regulator, serta pemangku kepentingan terkait di negara ini adalah dengan mendorong transisi ke ekonomi sirkular, di mana konsumen dan produsen diberikan insentif untuk menggunakan kembali produk, daripada membuangnya. mengarah pada penggalian sumber daya baru.


Namun, penerapan konsep tersebut merupakan tantangan di negara berkembang seperti Indonesia, terutama karena investasi yang tinggi untuk inovasi serta peningkatan aspek regulasi.



Butuh dana publik sebagai katalis?

“Circular economy memiliki karakteristik alami yang menantang untuk dibiayai terutama karena merupakan sektor baru dan membutuhkan investasi yang tinggi untuk inovasi serta perubahan sistem dan teknologi,” kata Adelia Surya Pratiwi, Ekonom Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan dalam keterangan resminya, Kamis (10/11/2022).


Meskipun memiliki potensi yang sangat besar karena merupakan wahana penting untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) serta ekonomi hijau yang sudah menjadi komitmen internasional dan nasional, namun tetap menjadi tantangan bagi negara berkembang seperti Indonesia.


Menurut Ibu Pratiwi, sebagai bagian dari komitmen bangsa, “wajar jika berasumsi” bahwa pembiayaan katalis untuk SDGs dan ekonomi hijau secara umum akan berasal dari pemerintah.


Namun, negara berkembang, katanya, biasanya memiliki masalah dengan ini karena mereka memiliki dana publik yang terbatas, terutama yang relevan dengan konteks saat ini.


“Saat ini, tantangan ekonomi tidak konvensional, membutuhkan fleksibilitas dan ruang fiskal yang besar untuk mengantisipasi guncangan di masa depan. Ada beberapa guncangan yang diantisipasi otoritas fiskal saat ini, yaitu pandemi yang menyebabkan biaya pemulihan kesehatan masyarakat meningkat, geopolitik dan ekonomi. inflasi yang menyebabkan meningkatnya kebutuhan subsidi dan perlindungan sosial untuk menjaga daya beli masyarakat, dan lain-lain,” ujarnya.


“Pada saat yang sama, sumber daya domestik seperti penerimaan pajak belum optimal. Selain itu, disepakati di forum internasional bahwa transisi di negara berkembang perlu dilakukan secara adil dan terjangkau. Untuk alasan ini, intervensi yang sangat terukur dari segi risiko dan biaya diperlukan jika ekonomi sirkular ingin memanfaatkan dana publik sebagai katalis," katanya.


Waktu Terus Berjalan

Norimasa Shimomura, Resident Representative UNDP Indonesia, memberikan komentar khusus mengenai implementasi Circular Economy di Indonesia dalam laporan bersama yang diprakarsai Kementerian PPN/Bappenas dan Kedutaan Besar Denmark di Jakarta.


“Indonesia saat ini berada pada titik kritis, di mana lebih banyak sumber daya dan energi mungkin diperlukan, untuk menghidupkan kembali ekonomi pasca COVID-19. Saat waktu terus berjalan menuju 2030, sebuah pertanyaan kunci tetap ada tentang bagaimana negara kaya sumber daya seperti Indonesia berusaha untuk meningkatkan kehidupan masyarakat, sementara pada saat yang sama mengurangi emisi karbon dan limbahnya,” katanya.


“Menyeimbangkan penggunaan energi dan pemanfaatan sumber daya untuk mempertahankan pertumbuhan memang merupakan pertanyaan rumit yang dapat menyebabkan kemunduran, jika tidak ditangani secara strategis. Di bawah ekonomi sirkular, perusahaan dan produsen dapat berhasil dengan menghasilkan nol limbah dan menggunakan kembali produk sampingan apa pun dari produksi mereka," kata Shimomura.


Dia melanjutkan bahwa konsumen saat ini akan menghargai produk dan layanan yang menawarkan konsep ekonomi sirkular.


“Oleh karena itu, dengan potensi efisiensi biaya yang sangat besar, ekonomi sirkular adalah model yang saling menguntungkan bagi semua pemangku kepentingan di Indonesia untuk mendorong pertumbuhan, mengatasi perubahan iklim, dan sekaligus menciptakan lapangan kerja baru,” katanya.


Ada sejumlah inisiatif dan proyek-proyek yang dapat menunjukkan bahwa penerapan ekonomi sirkular di Indonesia memiliki dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial.


Menjawab Keraguan

Buku berjudul "The Future is Circular: Concrete Moves for Circular Economic Initiatives in Indonesia" menyajikan beberapa manfaat nyata penerapan ekonomi sirkular dari 36 inisiatif di lima sektor prioritas: makanan dan minuman, tekstil, grosir dan perdagangan eceran (dengan fokus pada kemasan plastik), konstruksi, dan elektronik.


Inisiatif tersebut dilaksanakan oleh pemerintah, sektor swasta hingga lembaga swadaya masyarakat. Ditulis bersama oleh Bappenas, sebuah LSM dan, Kedutaan Besar Denmark di Jakarta, buku tersebut mengklaim penerapan ekonomi sirkular dari 36 inisiatif dapat menawarkan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan.


Ini termasuk pemotongan biaya lebih dari Rp431,91 miliar, menciptakan lapangan kerja baru untuk sekitar 14.270 tenaga kerja, membantu mengurangi emisi rumah kaca lebih dari 1,4 juta CO2E, membantu menghemat lebih dari 4,8 juta MWH kapasitas listrik dan membantu mengurangi lebih dari 252.000 meter kubik dari konsumsi air.


Ada juga inisiatif "Rethinking Plastics", yang merupakan proyek percontohan di bawah naungan German Agency for International Cooperation, yang sering disingkat menjadi GIZ (Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit ) saja.


GIZ yang bergerak di bidang kerjasama pembangunan internasional ini telah menginisiasi proyek “The Rethinking Plastics” melalui kerjasama yang erat dengan mitra internasional, nasional dan lokal, serta Delegasi Uni Eropa di Indonesia.


Proyek ini memberikan dukungan penasihat kebijakan, mendorong pertukaran pengetahuan dan pengalaman dengan memfasilitasi berbagai kegiatan, termasuk dialog kebijakan publik dan swasta dan peningkatan kapasitas, kegiatan percontohan dan kegiatan peningkatan kesadaran terkait lainnya.


Proyek Rethinking Plastics mendukung enam proyek percontohan, yang dilakukan untuk memeriksa atau menetapkan kesiapan tanggung jawab produsen tambahan (EPR) wajib untuk pengemasan sesuai dengan Road Map Pengurangan Sampah oleh Produsen yang disahkan oleh KLHK pada tahun 2019; memajukan pengurangan konsumsi plastik sekali pakai untuk mengurangi potensi timbulan sampah melalui pendidikan dan peningkatan kesadaran, dan memperkenalkan inisiatif Fishing for Litter serta Clean Fishing Port, untuk mengatasi sampah laut dari sektor perikanan.


Rocky P., Advisor for Plastic Waste Management & Marine Litter Prevention di GIZ menjelaskan JakartaDaily.id menjelaskan bagaimana Rethinking Plastics dapat menunjukkan manfaat penerapan ekonomi sirkular di Indonesia.


“Peningkatan kesadaran produsen untuk lebih bertanggung jawab terhadap limbah kemasan pasca konsumsi di Indonesia sangat penting,” katanya.


“Inovasi kemasan juga harus mempertimbangkan apakah kemasan itu mudah dikumpulkan, dapat terurai secara alami atau layak untuk didaur ulang; dan ikut serta dalam pengumpulan serta meningkatkan kesadaran konsumen dalam mengolah sampah kemasannya.”


Untuk mendorong tanggung jawab produsen dalam melakukannya, skema tanggung jawab produsen yang diperluas diperkenalkan.


“Instrumen EPR telah dianggap oleh UE di bawah Petunjuk Pengemasan dan Limbah Pengemasannya bahwa pada akhir 2024, negara-negara UE harus memastikan bahwa skema tanggung jawab produsen ditetapkan untuk semua kemasan,” jelasnya.


Skema tanggung jawab produsen menyediakan pembiayaan atau pembiayaan dan organisasi pengembalian dan/atau pengumpulan limbah kemasan dan/atau kemasan bekas dan penyalurannya ke opsi pengelolaan sampah yang paling tepat, serta penggunaan kembali atau daur ulang kemasan yang dikumpulkan dan sampah kemasan.”


Mencerminkan pengalaman UE, proyek Rethinking Plastics antara lain memprioritaskan inisiatif untuk mempromosikan skema tanggung jawab produsen yang diperluas di Indonesia.


“Proyek ini mendukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, untuk memajukan dan mendorong implementasi Permen No 75/2019 tentang Pengurangan Sampah oleh Produsen,” katanya.


Rocky yang merupakan representatif dari proyek Rethinking Plastic ini menargetkan dapat membantu perumusan road map oleh pemerintah Indonesia untuk pengurangan sampah oleh produsen, sehingga Indonesia dapat bergerak menuju implementasi penuh skema EPR untuk kemasan; di mana kemasan pada tahun 2030 harus dapat terurai secara alami, sepenuhnya dapat didaur ulang dan/atau dapat digunakan kembali.


“Produsen juga dituntut untuk ikut mengambil kembali kemasannya bersama-sama dengan pelaku pengumpul sampah. Proyek melalui pilot juga memberikan peningkatan kapasitas TPS3R dan Bank Sampah di Kota Semarang dan Kabupaten Malang untuk memperkuat kesiapan pelaku pengumpul sampah dalam berkolaborasi. untuk melaksanakan Road Map tersebut,” ujarnya.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama