Kapal Perang Angkut BBM dan Logistik Tiba di Karimunjawa

JEPARA, suarapembaharuan.com – Kapal perang KRI Makassar-590 yang mengangkut BBM dan bantuan logistik ke Karimunjawa telah tiba, Kamis (5/1/2023) sore.


Ist

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Jepara Eriza Rudi Yulianto mengatakan, kapal perang tersebut tiba di Pelabuhan Legon Bajak, Karimunjawa sekitar pukul 15.30 WIB, setelah menempuh perjalanan kurang lebih 8,5 jam dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.


“Lebih cepat dari perkiraan awal sembilan jam, mulai bertolak pukul 07.50 (WIB),” ujarnya saat dihubungi, Jumat (6/1/2023).


Disampaikan, muatan yang diturunkan, di antaranya BBM yang diangkut 20 unit mobil tangki, tujuh unit genset, dan mobil operasional PLN. Lalu, ada pula bantuan tujuh ton beras, serta sejumlah paket logistik makanan.


Seluruh barang yang bersifat mendesak, lanjutnya, langsung didistribusikan, sementara lainnya distok terlebih dulu di gudang.


“Truk BBM langsung mengarah ke SPBU. Genset ke titik-titik yang sudah ditentukan untuk back up,” kata Eriza.


Camat Karimunjawa Muslikin menerangkan, untuk bantuan beras, sementara dicadangkan dulu di Gudang Kenari Makmur. Pencadangan tersebut sebagai antisipasi musim baratan yang masih berpotensi terjadi kembali.


“Karena ini masih di Januari, jadi perlu dicadangkan,” terangnya.


Dijelaskan, stok beras saat ini masih dalam kategori aman untuk satu bulan ke depan. Pantuauan di tingkat penyedia, masih 17 ton. Sedangkan di tiap-tiap rumah warga, ada antara 20 sampai 30 kilogram.


“Kami sudah cek kemarin, perkiraan masih bisa mencukupi untuk satu bulan ke depan,” katanya.


Untuk bantuan paket sembako yang jenisnya segera dikonsumsi langsung, lanjut Muslikin, akan distribusikan ke desa, untuk selanjutnya desa yang meneruskan pembagian ke masyarakat. Baik itu warga hingga pekerja di wilayah itu.


Kategori : News

Editor     : PAS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama