Sambut Musim Giling 2023, Areal Tebu Sei Semayang Siap Panen

SEI SEMAYANG, suarapembaharuan.com - Menyambut musim giling Pabrik Gula Tahun 2023, kebun Sei Semayang sedang melakukan berbagai persiapan panen tebu di areal 1.438 hektar di delapan afdeling yang ada di kebun Sei Semayang. Areal ini meliputi Kecamatan Sunggal, Binjai Timur, Hamparan Perak dan sekitarnya.


Foto : Manejer kebun Sei Semayang Sugeng Aminardi di tengah kebun tebu Sei Semayang yang siap panen untuk produksi gula tahun 2023.



Hal itu diungkapkan Manejer kebun Sei Semayang Sugeng Aminardi, dipenghujung Tahun akhir Desember 2022 lalu. Persiapan itu meliputi kesiapan alat dan tenaga kerja penebang, yang sebagian besar didatangkan dari Jawa tengah, Jawa Timur dan Lampung, di samping tenaga lokal.


Menurut Sugeng, jika tidak ada hambatan, panen perdana akan dilakukan pertengahan bulan Januari menyusul mulainya beroperasinya pabrik gula Sei Semayang akhir Januari 2023. 


“Saat ini semua persiapan untuk musim panen itu sedang kita lakukan di lapangan. Mudah-mudahan tidak ada hambatan, dan kita bisa mencapai target produksi tahun 2023 ini,” jelas Sugeng. Sesuai RKP panen tebu tahun ini ditargetkan 73,98 ton per hektar.


Berbeda dengan mengelola tanaman lainnya seperti kelapa sawit, menurut Manejer yang berkarir di perkebunan tebu Sei Semayang sejak Asisten dan Askep, tanaman tebu harus diperhatikan secara serius dari waktu ke waktu jika ingin menghasilkan tebu yang baik dengan rendemen yang tinggi saat digiling di pabrik. 


Karena itu jajarannya berupaya melakukan pemeriksaan secara terus menerus dari satu lokasi ke lokasi lainnya, agar tanaman tebu bisa berkembang secara maksimal.


Hal ini sejalan dengan harapan Direktur PTPN 2 Irwan Perangin-Angin, yang berupaya agar PTPN 2 mampu memberikan kontribusi terhadap swasembada gula nasional, khususnya untuk memenuhi kebutuhan gula pasir masyarakat di Sumatera Utara, yang mencapai 500 ribu ton per tahun. 


Dari waktu ke waktu Irwan Perangin-Angin selalu memotivasi jajarannya untuk bersinergi agar mampu meningkatkan produksi dari sisi jumlah, sekaligus meningkatkan kualitas tebu yang dihasilkan untuk diproses menjadi gula pasir.


Saat ini PTPN 2 memiliki dua pabrik gula, masing-masing di Sei Semayang dan Kwala Madu. Pabrik ini masing-masing mampu memproses 3.500 ton tebu per hari. “Jika semuanya berjalan dengan baik dan konsisten, kami yakin kita akan mampu meningkatkan produksi gula tahun 2023,” ujar Sugeng Aminardi.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama