Wujudkan Kemitraan Antarprodi Lewat ASPIKOM Korwil Sumut

MEDAN, suarapembaharuan.com - Dra. Mazdalifah, M.Si, Ph.D selaku Ketua Umum ASPIKOM Korwil Sumut 2022-2025 mengatakan, salah satu visi dari organisasi ini adalah terwujudnya kemitraan antar pengelola program studi yang profesional dan bertanggung jawab dalam mencapai pendidikan Komunikasi di Indonesia yang berkualitas. 



Oleh karena itu, tambahnya, perlu diwujudkan dengan salah satu misi, yaitu dengan membangun jaringan yang dinamis antar anggota untuk mendorong anggota memberikan kontribusinya.


"Hal ini sangat penting, karena kita sama-sama memahami, bahwa Program Studi Ilmu Komunikasi sangat dinamis. Apalagi didukung dengan teknologi dan kemitraan. Untuk itu, pada masa pengurusan ini, kita akan mengaktifkan pertemuan antarprodi minimal 4 bulan sekali. Pada tahun ini, tepatnya akan dilaksanakan pasca Lebaran Idul Fitri pas dengan momen halal bi halal," jelasnya ketika memberikan kata sambutan di Aula Serba Guna FISIP USU, Jl. Dr. A. Sofian No. 1A Kampus USU – Padang Bulan Medan.


Mazdalifah mengingatkan, bahwa ASPIKOM adalah rumah bagi seluruh insan komunikasi untuk saling bertukar informasi terkait proses pembelajaran. "Bisa saling bertukar informasi dengan baik terkait dengan PKL dan sebagainya. Saling memanfaatkan untuk kebaikan dan saling maju. Harus bergaul!" ucapnya.


Kegiatan yang berlangsung pada hari ini, juga diselingi temu-ramah dengan pengurus ASPIKOM demisioner, dan seluruh Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi seluruh Sumut. Balik itu dari Universitas Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,  Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Universitas Medan Area, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan, Universitas Sari Mutiara, dan Universitas Dharma Agung, serta Universitas Dharmawangsa.



Semangat Kolaborasi dalam Akreditasi 

Wakil Ketua II ASPIKOM Pusat Wilayah Sumatera, Dra. Dewi Kurniawati, M.Si, Ph.D mengatakan acara pelantikan ini juga sekaligus sebagai ajang bersilaturahmi. Selain itu, ia juga mengajak seluruh Dosen Ilmu Komunikasi untuk bahu-membahu dalam menuju akreditas unggul. 


"Kaprodi tidak bisa bekerja sendiri dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka menuju akreditas unggul. Harus banyak berdiskusi. Oleh karena itu, ASPIKOM dapat menjadi wadah bagi kemajuan insan komunikasi," ujarnya.


Dewi merinci salah satu hal yang dapat ASPIKOM lakukan ke depannya yaitu dengan banyak menghasilkan publikasi karya ilmiah. Baik itu dalam skala nasional maupun internasional yang terindeks Scopus. "Sarpras (sarana dan prasarana) tidak menentukan kualitas suatu universitas, melainkan penelitian jurnal dan kolaborasi.  Semangat yok kita sama-sama!" ungkapnya.


Ketua Dewan Pakar Prof. Dr. Humaizi, M.A juga mengucapkan Selamat atas Pelantikan ASPIKOM Korwil Sumut Periode 2022-2025. Ia berpesan kesuksesan sebuah organisasi itu diukur dengan banyaknya kegiatan dan pengurusnya yang solid. "ASPIKOM itu lebih mandiri secara pendanaan, karena itu tidak boleh mati duri," tegasnya.


Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Rektor Universitas Dharma Agung, Dr. Irene Silviani, M.SP; Ketua Program Studi Magister dan Doktor FISIP - USU, Dr. Iskandar Zulkarnain, M.Si; Pers Mahasiswa PIJAR, USU Media, dan USU TV.


Kategori : News

Editor     : ARS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama