Ibu Negara Tinjau Pameran Dekranasda Jateng di Borobudur

MAGELANG, suarapembaharuan.com – Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau Pameran Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Tengah, di The Heritage Convention Center, Hotel Plataran Heritage Borobudur, Kabupaten Magelang, Selasa (31/1/2023). 


Ist

Didampingi Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin dan anggota OASE KIM, Iriana pun mencoba membatik.


Iriana memilih membatik pada selembar kain dengan motif daun bodhi, sedangkan Wury tampak membatik pada kain dengan motif yang terinsipirasi dari relief Candi Borobudur.


Sebelumnya, rombongan meninjau satu per satu produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari masing-masing kabupaten/kota di Jawa Tengah, yang dipamerkan di tempat tersebut. Iriana dan Wury tampak mengapresiasi hasil produk dari masing-masing daerah yang beragam.


Tidak hanya pameran produk, pada lokasi yang sama juga diadakan pelatihan bagi perajin batik yang berada di Kabupaten Magelang.


Salah satu peserta pelatihan, Ngumriyatul, mengaku senang melihat Iriana dan Wury turut mencoba membatik. Apalagi, keduanya juga mendorong peserta untuk tetap semangat belajar membatik.


“Ibu (Iriana) bilang, iya bagus, semangat dilanjutkan, banyak belajar,” ungkap Ngumriyatul.


Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Tengah, Siti Atikoh Ganjar Pranowo, mengapresiasi kunjungan kerja Ibu Negara beserta Ketua Umum Dekranas Wury, dan anggota OASE KIM, ke Jateng. Kunjungan kerja itu merupakan salah satu momentum para pelaku usaha untuk bangkit kembali, dalam memamerkan hasil produk mereka.


“Teman-teman UMKM diberi kesempatan untuk men-display-kan produk mereka. Alhamdulillah cukup laris ya,” ucap Atikoh.


Menurutnya, gelaran pameran UMKM menjadi kesempatan para pelaku usaha, untuk mengevaluasi produk yang dihasilkan. Atikoh berharap para pelaku UMKM terus bersemangat dalam menghasilkan produk-produk dalam negeri.


“Harapannya tentu mereka bisa survive, bisa keluar dari krisis, dan mereka bisa naik kelas. Dengan sering kita mengadakan pameran atau bertemu langsung dengan pembeli, mereka akan mendapatkan masukan,” katanya. 


Katehori : News

Editor     : ZHR


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama