15 Dermaga Penyebrangan Dioperasikan saat Musim Mudik Lebaran

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Asops Kapolri Irjen Agung Setya Polri mengatakan, ada 15 dermaga di pelabuhan penyebrangan Jawa dan Sumatera yang dioperasionalkan pada saat arus mudik-balik Hari Raya Idul Fitri tahun 2023.


Irjen Agung Setya

“Tahun ini kita lipatkan menjadi 15 dermaga dengan 78 feri penyebrangan. Insya Allah dengan 2 kali lipat lebih ini kita akan lebih lancar,” kata Agung dalam keterangannya kepada media, Jumat (14/4/2023).


Menurut Agung, penambahan itu disepakati oleh seluruh pihak terkait. Mengingat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mewanti-wanti terjadinya lonjakan arus mudik di tahun ini.


“Pak Presiden mengingatkan bahwa akan ada lompatan jumlah pemudik. Ini yang kemudian menjadi konsen kita,” ujar Agung.


Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengungkapkan sebanyak 148.126 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan Operasi Ketupat Hari Raya Idul Fitri tahun 2023.


Personel itu terdiri dari Mabes Polri, Polda jajaran, stakeholder terkait yang terdiri dari TNI, Kementerian Perhubungan, Jasa Marga, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perdagangan, Pelindo, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, dan Kemenko PMK.


“Untuk yang terlibat pengamanan pasukan ada 148.126 berarti cukup banyak ada posko pengamanan, ada posko pelayanan, ada posko terpadu yang semuanya itu ditempatkan pada tempat-tempat tertentu yang sudah dipilih oleh petugas,” kata Sandi kepada awak media, Jakarta, Rabu (12/4/2023).


Menurut Sandi, nantinya pengamanan di tersebut akan dilakukan berdasarkan hasil pengalaman tahun lalu yaitu untuk mengamankan di jalan raya, tempat ibadah, rest area, tempat wisata, dan tempat objek vital lainnya yang sering dikunjungi oleh masyarakat.


“Jadi pada waktu mudik lebaran mereka pulang kemudian melaksanakan solat Ied, ramah tamah sama keluarga berikutnya pasti akan datang ke tempat wisata dan lain sebagainya,” ujar Sandi.


Kategori : News


Editor     : YZS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama