Polisi Kawal Pemulangan Warga yang Sempat Mengungsi Akibat Teror KKB di Papua

PAPUA, suarapembaharuan.com - Satgas Operasi Petik Bintang Polda Papua Barat memulangkan pengungsi asal Kampung Kamat dan Kamat Ayata, Distrik Aifat Timur Tengah, Kabupaten Maybrat.


Ist

Pemulangan penduduk ini dipimpin langsung oleh Ka Opsda Operasi Satgas Petik Bintang Kombes Pol. Novia Jaya dan Kapolres Maybrat AKBP Glenn Rooi Molle pada 13 April 2023.


"Para penduduk ini pulang ke kampungnya setelah mengungsi selama 1 tahun 8 bulan akibat penyerangan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB)," ujar Kombes Pol. Novia Jaya, Jumat (14/4/2023).


Kepala Dinas Perumahan Kab. Maybrat sekaligus Tokoh Masyarakat Aifat Timur Raya Zakheus Momao pun menyampaikan terima kasih kepada polisi yang telah membantu penduduk Kampung Kamat dan Kamat Ayata.


"Sehingga telah memberikan jaminan keamanan kepada warga masyarakat dan pada hari ini kami memberanikan diri, kami datang untuk kembali ke kampung kami dalam keadaan aman, baik, selamat", tutur Kombes Pol. Novia Jaya.


Kombes Pol. Novia Jaya berencana akan mengajak masyarakat kampung lainnya yang masih mengungsi untuk pulang. Ia menyebut, operasi pemulangan ini akan dilakukan secara bertahap.


"Dengan memperbaiki jembatan yang sudah dirusak oleh kelompok KKB, kami juga telah membangun Pos Pengamanan dikampung Ayata dan inilah wujud negara hadir ditengah-tengah masyarakat agar masyarakat tidak ketakutan dan bisa beraktifitas kembali," tutur Kombes Pol. Novia Jaya.


Kategori : News


Editor     : RAS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama