Satgas Damai Cartenz Tangkap Anggota KKB Pembakar Pesawat Susi Air

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Personel TNI-Polri yang tergabung dalam Operasi Damai Cartenz 2023 berhasil mengamankan salah satu anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya berinisial YL. Keterlibatan YL dalam sejumlah aksi teror yang dilakukan KKB di Papua pimpinan Egianus Kogoya sejak tahun 2021.


Ist

Kasatgas Gakkum Ops Damai Cartenz 2023, Kombes Pol I.G.G. Era Adhinata, S.I.K., mengungkapkan, YL terlibat dalam aksi pembakaran pesawat Susi Air hingga penyanderaan pilot Capt Philip Mark Mehrtens. YL juga diduga terlibat pembakaran Camp Dolarossa dan kontak tembak dengan Personel TNI Yonif Raider 700.


"Pada 2022, YL diduga terlibat dalam Penembakan Pesawat SAM AIR PK-SMG di Bandara Kenyam, Nduga. Pada Februari 2023, diduga terlibat pengancaman pekerja Puskesmas di Distrik Paro dan aksi pembakaran pesawat dan penyanderaan pilot Susi Air," tegas Kasatgas Gakkum Ops Damai Cartenz 2023.


Ia menambahkan, pihaknya saat ini masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap YL. Dia mengklaim penangkapan ini merupakan pukulan telak bagi KKB Papua.


Kategori : News


Editor     : RAS



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama