Organisasi BERANI Akan Dideklarasikan di Seluruh Indonesia untuk Jaga Kebhinekaan

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Sekretaris Jenderal DPP Badan Persaudaraan Antariman (BERANI) Ardy Susanto mengatakan pihaknya akan segera melakukan deklarasi di seluruh Provinsi di Indonesia untuk menjaga dan melestarikan keberagaman dan kebhinekaan di Indonesia. 


Sekjen DPP BERANI Ardy Susanto memberikan kata sambutan di acara pelantikan DPW BERANI Jawa Tengah di Gedung Djuang 45, Semarang, Minggu, 9 Juli 2023.

BERANI, kata Ardy, merupakan organisasi sayap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang hadir untuk memastikan kebhinekaan di Indonesia terjaga.


"Tujuan utama deklarasi ini adalah untuk menjadi wadah mediasi dan advokasi dalam menjaga kesetaraan dan kebhinekaan, terutama di wilayah-wilayah yang memiliki potensi konflik terkait kebebasan beribadah," ujar Ardy kepada wartawan, Rabu (12/7/2023).


Terbaru, kata Ardy pihaknya mendeklarasikan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) BERANI Jawa Tengah. Para pengurus tersebut dilantik oleh Ketua DPW PKB, Kiai Haji M Yusuf Chudlori atau biasa disapa Gus Yusuf di Gedung Djuang 45, Kota Semarang, Minggu (9/7/2023).



Setelah Jawa Tengah, tutur Ardy, pihaknya akan melakukan deklarasi DPW BERANI di wilayah Indonesia Timur dalam waktu mendatang. Ardy menegaskan kebhinekaan merupakan modal besar bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang besar dan maju. 


"Saya bersama teman-teman pengurus BERANI bertekad untuk melindungi hak-hak keagamaan dan memperjuangkan kesetaraan bagi semua individu di seluruh Indonesia. Melalui mediasi dan advokasi yang dilakukan oleh BERANI, kami berharap potensi konflik terkait kebebasan beribadah dapat diminimalisir, menjadikan wilayah tersebut sebagai contoh dalam menjaga kerukunan antarumat beragama," jelas dia.



Lebih lanjut, Ardy berharap BERANI menjadi garda terdepan dalam menghadapi isu-isu sensitif yang dapat memecah belah masyarakat. Menurut dia, dalam lingkungan yang semakin kompleks, keberadaan organisasi seperti BERANI sangatlah relevan untuk menciptakan dialog, mempromosikan toleransi, dan memperkuat semangat persaudaraan antariman.


"Dengan adanya deklarasi Berani di seluruh provinsi di Indonesia, diharapkan akan tercipta lingkungan yang lebih inklusif, harmonis, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebhinekaan," ujar Bacaleg DPR RI dari PKB untuk Dapil Jakarta II ini.



Ardy merupakan salah satu tokoh penting dalam mengkawal perjuangan organisasi BERANI untuk memastikan kebhinekaan terjaga. Dengan semangat dan komitmen yang tinggi, Ardy mengaku siap memimpin organisasi ini dalam menjaga kesetaraan, menjalankan mediasi, dan memberikan advokasi bagi kebebasan beribadah di provinsi tersebut.


"Saya sudah mewakafkan diri saya untuk memperjuangkan visi dan misi DPP BERANI terutama untuk menjaga toleransi, kebhinekaan, keragaman yang menjadi kekayaan dan kekuatan bangsa," pungkas Ardy.


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama