Berkat Lapak Ganjar, Produk UMKM Tembus Eropa

BREBES, suarapembaharuan.com – Mata Elisa Anggraini berkaca-kaca. Ucapan terima kasih tak henti-hentinya disampaikan pelaku UMKM asal Magelang itu, saat bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di pameran UMKM HUT ke-78 Jateng yang digelar di Brebes, Sabtu kemarin.


Ist

Begitu bungahnya Elisa bertemu Ganjar. Sebab, Ganjar adalah salah satu orang yang paling berperan bagi kehidupannya. Berkat Lapak Ganjar yang diinisiasi Gubernur Jawa Tengah itu, Elisa bisa sukses dan berhasil membeli rumah.


“Pak Ganjar, terima kasih banyak Pak. Terima kasih bapak sudah membantu saya. Berkat bapak, saya sekarang sudah bisa beli rumah,” kata Elisa, ketika Ganjar mampir ke stand nya.


Ganjar cukup terkejut mendengar itu. Elisa kemudian menceritakan, ia adalah pelaku UMKM yang berjualan produk herbal. Setelah ikut Lapak Ganjar, produknya jadi terkenal. Penjualan meningkat hingga 250 persen, bahkan sampai ekspor ke luar negeri.


“Berkat Lapak Ganjar pak, produk saya jadi terkenal sampai Eropa. Sekarang ekspor rutin ke Belanda, Venesia, Malaysia, dan Hongkong Pak,” terangnya.


Jika sebelumnya penjualan aneka produk herbal miliknya hanya beromzet Rp500.000, saat ini omzet penjualannya bisa Rp25 juta sampai Rp30 juta per bulan. Dari uang jualannya itu, ia bisa membeli rumah untuk ditinggali bersama keluarga.


“Saya bisa beli rumah pak sekarang, kes. Harganya Rp450 juta. Itu berkat bapak, berkat jualan UMKM ini,” jelasnya semringah.


Elisa berharap, Ganjar selalu sehat dan kebaikannya menular ke banyak pemimpin lain. Ia juga berharap, gubernur yang menggantikan Ganjar, bisa mempertahankan program baik peninggalan Ganjar selama 10 tahun.


“Semoga vibe-nya Pak Ganjar menular ke pemimpin lain, dan harapannya gubernur selanjutnya jangan sampai tidak seperti Pak Ganjar. Pak Ganjar itu selalu peduli pada UMKM, mendampingi, memberikan motivasi, akses modal dan lainnya, yang membuat UMKM seperti kami bisa mandiri,” pungkasnya.


Sementara itu, Gubernur Ganjar begitu senang mendengar keberhasilan Elisa. Ia tersenyum dan mengacungkan dua jempolnya, pada kegigihan dan semangat Elisa.


“Njenengan top, hebat sekali. Selamat ya, saya ikut senang,” ucap Ganjar.


Selain Elisa, ada puluhan stand UMKM unggulan Jateng yang dipamerkan dalam acara itu. Ganjar dan istri berkeliling menyapa satu persatu para pelaku UMKM, dan memberikan motivasi. Ia juga sempat berbelanja aneka produk UMKM yang dijajakan di sana.


“Saya senang karena tadi banyak UMKM yang bercerita sudah bisa naik kelas. Mulai ada yang jualan, dikenal orang. Bahkan ada yang bilang, Pak saya sudah bisa beli rumah lho Pak, kes lagi. Waduh kita ikut senang,” ucapnya.


Sebagi informasi, sejak memimpin Jawa Tengah 2013 lalu, Ganjar memang sangat peduli pada pelaku UMKM. Pendampingan, pelatihan, pemberian akses modal, hingga pemasaran, ia lakukan agar UMKM Jateng naik kelas.


Salah satu program terkenal Ganjar adalah Lapak Ganjar. Menggunakan Instagram dengam follower jutaan, Ganjar membantu UMKM menjual produk unggulannya. Produk-produk UMKM itu di-posting Ganjar dan mendapat perhatian dari banyak masyarakat di luar Jateng.


Banyak para pelaku UMKM yang mendapatkan berkah dari program itu. Mereka mengatakan, berkat Lapak Ganjar, produknya jadi terkenal. Tak sedikit di antara pelaku UMKM yang berhasil ekspor setelah ikut Lapak Ganjar.


Kategori : News


Editor      : ZHR


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama